Mana yang Lebih Irit BBM, Eclipse Cross atau Mazda CX-30

Kompas.com - 05/03/2021, 14:21 WIB
Komparasi Mazda CX-30 dan Mitsubishi Eclipse Cross, pemain di segmen medium SUV Kompas.comKomparasi Mazda CX-30 dan Mitsubishi Eclipse Cross, pemain di segmen medium SUV
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitsubishi Eclipse Cross dan Mazda CX-30 merupakan SUV yang berada di segmen medium SUV. Meskipun berada satu kelas dengan rentang harga serupa, kedua mobil mengusung dapur pacu yang berbeda.

Di atas kertas, Eclipse Cross mengusung mesin 1.500 cc turbo DOHC MIVEC, tenaganya mencapai 150 ps atau sekitar 148 tk dan torsi maksimal 250 Nm. Soal transmisi, mobil ini mengusung otomatis CVT dengan paddle shift.

Sementara dapur pacu CX-30 serupa dengan Mazda3 yaitu menggunakan mesin SKYACTIV-G berkubikasi 2.000 cc, tenaga yang dihasilkan sekitar 155 ps atau sekitar 153 tk dan torsi 200 Nm, dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Baca juga: GP Rooms, Kamar Hotel Pebalap MotoGP di Sirkuit

Test Drive Mitsubishi Eclipse CrossKompas.com/Dio Test Drive Mitsubishi Eclipse Cross

Jika dibandingkan dengan SUV kompak lain yang bermesin turbo, tenaga Eclipse Cross bukan yang paling besar.

Namun mesinnya terasa responsif, injak sedikit pedal gas mobil bisa langsung lari. Apalagi respons transmisi CVT-nya juga baik. Tidak ada gejala meraung atau lemot. Akselerasi terasa instan dan turbonya juga tidak ada lag.

Dengan performa yang responsif, hasil catatannya masih terbilang baik. Saat kami coba, Eclipse Cross bisa meraih 11,6 km per liter.

Baca juga: Tidak Semua PO Bus Pakai Bodi Buatan Adiputro

Dapur pacu Mazda CX-30KOMPAS.com/Ruly Dapur pacu Mazda CX-30

Sebagai catatan, kami mengukur konsumsi BBM dari MID yang ada di masing-masing mobil. Jalanan yang dilewati merupakan rute kombinasi antara perkotaan dan tol. Kedua mobil juga diisi dengan BBM dengan RON 92.

Kami menduga kombinasi mesin 1.500 cc yang terbilang kecil kapasitasnya dengan transmisi CVT, membuat Eclipse Cross bisa mendapat konsumsi BBM yang irit.

Sementara Mazda CX-30, performa mesin pada putaran bawah terasa agak kurang dari pesaingnya. Tenaga rasanya baru keluar di atas 2.000 rpm.

Baca juga: Target Honda City Hatchback Lebih Laris daripada Jazz

Mazda CX-30 vs Mitsubishi Eclipse CrossKOMPAS.com/Rully Kurniawan Mazda CX-30 vs Mitsubishi Eclipse Cross

Berbeda dengan Eclipse Cross yang responsif di putaran bawah. CX-30 bermain di putaran lebih tinggi, aliran tenaga terasa makin mengisi saat putaran 3.000 rpm hingga 4.000 rpm.

Tak heran dalam rute kombinasi yang lebih sering stop and go, mengendarai CX-30 lebih sering ngebejek gas. Kondisi ini yang membuat CX-30 lebih haus BBM.

Beruntung CX-30 punya fitur idling stop, sehingga bisa menghemat lebih baik. Namun berdasarkan pengetesan kami, SUV ini hanya bisa meraih 9,8 km per liter.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X