Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tilang Elektronik Akan Diterapkan di Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol

Kompas.com - 06/03/2022, 10:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) rencananya bakal diterapkan di Jalan Tol Surabaya - Gempol, Jawa Timur.

Kanit PJR Jatim 2 AKP Sigit Indra mengatakan, tilang elektronik diterapkan untuk menertibkan masyarakat.

Namun, untuk pemasangan sistem dan penerapan aturan ETLE ini masih menunggu arahan dari Korlantas dan kantor pusat Jasa Marga.

”Koordinasi dengan Jasa Marga akan dilakukan lagi. Nanti pastinya ada sosialisasi terlebih dahulu,” kata Sigit dikutip dari NTMC Polri, Sabtu (5/3/20222),

Baca juga: Cara Hindari Pohon Tumbang Imbas Angin Kencang Saat Berkendara

Menurut Sigit, penerapan sistem ETLE amat penting di jalan tol Surabaya–Gempol. Tidak hanya untuk mengawasi pelanggaran kecepatan. Namun, juga kendaraan yang tidak mematuhi marka jalan.

Selain itu, polisi mengklaim bahwa tilang elektronik dinilai lebih efektif. Tidak ada perdebatan antara petugas dan masyarakat. Ada bukti langsung yang bisa memperkuat penindakan.

Mengacu keterangan tertulis dari Jasa Marga, tilang elektronik diterapkan karena sejumlah hal. Salah satunya adalah masih banyaknya kecelakaan di jalan tol. Selain luka-luka, banyak korban yang meninggal akibat tabrakan.

Ilustrasi truk ODOL di jalan tolJASA MARGA Ilustrasi truk ODOL di jalan tol

Jasa Marga mencatat sepanjang 2021 telah terjadi 1.345 kecelakaan di seluruh jalan tol di bawah pengelolaan Jasa Marga Group. Sebanyak 82 persen penyebab kecelakaan adalah faktor pengemudi. Lalu, 17 persen faktor kendaraan. Sisanya adalah faktor lingkungan.

Kemudian sebanyak 42,9 persen kecelakaan disebabkan adanya kendaraan yang overspeed. Banyak pengendara yang melaju tanpa aturan. Tak hanya itu, kecelakaan juga disebabkan kendaraan overload.

Baca juga: Seperti Ini Wujud Bus Tingkat PO Lorena di Karoseri Laksana

Sementara itu, General Manager Representative Office 3 Jasa Marga Transjawa Toll Road Hendri Taufik mengatakan, bahwa ETLE akan terkoneksi dengan sistem yang telah berjalan di Jasa Marga.

“Sistem itu akan tersambung dengan speed camera di ruas jalan tol untuk pelanggaran overspeed dan weigh in motion (WIM) pada sejumlah jembatan dan lajur khusus di jalan tol yang berfungsi untuk mengawasi beban kendaraan,” ucap Hendri

”Untuk WIM kita ada satu. Sudah dioperasikan untuk mengecek muatan kendaraan,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com