Sistem Tol Nirsentuh Berlaku Akhir 2022, Gerbang Tol Akan Dihilangkan

Kompas.com - 04/03/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pembayaran tol nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) akan diberlakukan akhir 2022 di seluruh ruas jalan tol di Indonesia.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, setelah berlaku sistem tersebut gardu atau gerbang tol akan dihilangkan.

"Lama kelamaan karena sudah terbiasa, nantinya gate itu akan dibuka. Sehingga pada 2024, tidak akan ada lagi gardu tol," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Ingat, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF).BPJT Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF).

BPJT sendiri, akan melakukan uji coba sistem pembayaran tol nirsentuh di beberapa ruas jalan tol pada akhir tahun 2022. Kini, perseroan masih mencari informasi cara pembayaran tol yang banyak digunakan masyarakat.

"Di akhir 2023 diharapkan bisa diberlakukan 100 persen," ucap Danang.

Sebelumnya, ia mengatakan sistem nirsentuh akan menggunakan aplikasi pada smartphone bernama Cantas. Aplikasi ini sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) yang digunakan sebagai sistem pembayaran.

Setelah mengunduh aplikasi Cantas, pengendara mobil di jalan tol wajib mengisi data mobil, yang meliputi nomor polisi, nomor rangka, dan lainnya.

Setelah itu, pengendara harus memilih metode pembayaran. Sistem GPS pada aplikasi akan terkoneksi dengan satelit untuk mendeteksi lokasi kendaraan.

Baca juga: Karena ODOL, Tiap Tahun Perawatan Jalan Tol Makan Dana Rp 1 Triliun

Ilustrasi jalan tol.Dok. PT Hutama Karya (Persero). Ilustrasi jalan tol.

Saat posisi kendaraan sudah terdeteksi, sistem akan otomatis melakukan tap-matching saat mobil akan melewati/memasuki gerbang tol. Aplikasi akan mengkalkulasikan jarak yang ditempuh mobil untuk menghitung tarif jalan tol.

Sistem tol nirsentuh akan secara otomatis memotong saldo yang ada pada dompet elektronik yang didaftarkan pada aplikasi.

BPJT juga menyediakan sistem pembayaran jalan tol nirsentuh lainnya, seperti OBU (On Board Unit) dan Electronic Route Ticket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.