Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Modus Pecah Kaca Saat Parkir Mobil

Kompas.com - 28/02/2022, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini berbagai wilayah di Indonesia dipadati kendaraan bermotor seiring libur panjang atau long weekend perayaan Isra Miraj yang jatuh pada Jumat (25/2/2022) hingga Senin (28/2/2022).

Pada titik tertentu, bahkan terjadi kemacetan cukup panjang sehingga petugas kepolisian setempat memberlakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukkan berlebih.

Tentu hal tersebut membuat pengendara dan penumpang menjadi tak nyaman sehingga beberapa diantaranya memutuskan untuk berhenti sejenak agar beristirahat.

Baca juga: Libur Panjang, 347.711 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Tangkapan layar rekaman CCTV di areal perbelanjaan alat pertanian di Kecamatan Sukarami, Palembang yang menjadi tempat uang milik Mantep Supriawan dibawa kabur oleh kawanan bandit pecah kaca.Handout Tangkapan layar rekaman CCTV di areal perbelanjaan alat pertanian di Kecamatan Sukarami, Palembang yang menjadi tempat uang milik Mantep Supriawan dibawa kabur oleh kawanan bandit pecah kaca.

Namun patut diperhatikan bahwa, saat memarkirkan mobil janganlah sembarangan untuk antisipasi kasus pencurian. Paling tidak, jangan meninggalkan barang berharga ketika kendaraan ditinggal cukup lama.

"Saat parkir, jangan sembarang di pinggir jalan apabila memang akan ditinggal cukup lama. Lebih baik cari parkiran yang aman atau memiliki pos keamanan," kata Training Director sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu kepada Kompas.com belum lama ini.

Kalau tak ada parkiran umum, usahakan mencari lokasi yang terbuka agar mudah terlihat dan ramai lalu-lalang masyarakat. Setidaknya hal tersebut bisa meminimalkan adanya aksi pembobolan.

Baca juga: Begini Prosedur Aman Ganti Ban di Jalan Tol

Ilustrasi pecahkan kaca dengan keramik busiceramics.org Ilustrasi pecahkan kaca dengan keramik busi

Selain itu, bila ada barang berharga, jangan pernah berpikir aman untuk meninggalkan di dalam kabin. Pastikan barang-barang seperti handphone, laptop, dan sebagainya ikut di bawa keluar.

"Cari lokasi parkir yang aman dan ramai, meski kita harus jalan sedikit lebih jauh ke lokasi yang dituju, tapi lebih baik dibandingkan mengalami kerugian. Keamanan dan kenyamanan adalah pilihan, mau atau tidak, tinggal itu saja," ucap Jusri.

"Semua barang berharga jangan pernah ditinggal. Bila tidak memungkinkan untuk dibawa, letakan di tempat yang tersembunyi. Intinya, jangan mencolok atau mengundang perhatian dari luar kabin," kata dia.

Baca juga: Bawa Anak dalam Mobil, Ingat Aktifkan Child Safety Lock

Tak hanya itu, Jusri juga meminta agar pemilik mobil memperhatikan benar-benar kondisi perangkat keamanan pada kendaraan. Seperti halnya alaram, dan lain sebagainya.

Pastikan berkerja dengan baik, meskipun tak menjadi jaminan, namun paling tidak bisa mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Bahkan mengurungkan niat pelaku untuk membobol dan mencuri.

"Kesimpulannya, di mana pun itu kita harus tetap waspada. Jangan menyepelekan hal-hal kecil yang tanpa disadari justru menimbulkan kerugian bagi diri sendiri," ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com