Tak Lagi di Indonesia, Generasi Baru Suzuki Wagon R Meluncur di India

Kompas.com - 01/03/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi baru Wagon R resmi diluncurkan Maruti Suzuki di India. Mobil yang pernah tenar dengan nama Karimun Wagon R di Indonesia tersebut, hadir membawa pembaruan dari beragam sektor.

Untuk segi tampilan, mobil mungil yang diklaim terlaris di India memiliki visual yang berbeda. Kesan kota dari sebelumnya sudah ditinggalkan dengan tongkrongan yang dibuat lebih atraktif mengusung konsep Sporty Floating Roof.

Dilansir dari Maruti Suzuki, selain dari lekukan desain yang baru, Suzuki juga menawarkan permainan kelir dual tone yang tersedia pada tipe Z+ dalam kombinasi warna Gallant Red atau Magma Grey yang keduanya memiliki atap hitam.

Bagian interior juga diberikan sentuhan permainan dua warna dan jok dilapis bahan kain abu-abu. Efek tersebut menawarkan nuansa sporty pada bagian kabin mobil yang bermain di segmen hatchback di India.

Baca juga: Ertiga dan XL7 Dapat Diskon PPnBM, Suzuki Bakal Refund Uang Konsumen

Suzuki Maruti Wagon R Suzuki Maruti Suzuki Maruti Wagon R

Masuk ke sisi dapur pacu, Wagon R kini dibekali mesin Advanxed K-series Dual Jet, Dual VVT lengkap dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Idle Start Stop (ISS) Technology yang digadang-gadang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar lebih baik serta rendah emisi.

Tak hanya itu, Maruti menyediakan dua pilihan kapasitas mesin untuk Wagon R, yakni 1.000 cc dan 1.200 cc. Untuk kubikasi 1.2L yang sudah mengusung EGR diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 25,19 kpl dengan transmisi AGS, sedangkan 1.0L ISS mencapai 24,43 kpl.

"Keberlanjutan kesuksesan Maruti Suzuki Wagon R di pasar merupakan bukti tak terbantahkan lagi sebagai salah satu hatchback India paling ikonik. Sejak diluncurkan pada tahun 1999, WagonR terus berkembang dan berubah dengan fitur, desain, dan kinerja terdepan di kelasnya," kata Shashank Srivastava, Senior Executive Director (Marketing & Sales) Maruti Suzuki India Limited.

Dari segi fitur, Wagon R baru juga dibekali perangkat yang lebih modern. Selain ISS ada juga Hill Hold Assist pada varian AGS, sementara untuk audio sudah terkoneksi SmartPlay Studi 7 inci yang lengkap dengan navigasi ponsel pintar.

Baca juga: Jenis Kendaraan Listrik yang Dibebaskan Bea Masuk Oleh Pemerintah

Sementara untuk keselamatan, selain menggunakan platform Heartect, Wagon R juga memiliki airbag, antilock braking system (ABS) dengan electronic brake force distribution (EBD), sistem peringatan kecepatan, dan sensor parkir.

Suzuki Maruti Wagon R Suzuki Maruti Suzuki Maruti Wagon R

Total ada tujuh varian versi Wagon R 1.0L dan enam tipe untuk mesin yang lebih besar, yakni 1.200 cc. Bila dicairkan dalam rupiah, harganya dipasarkan mulai Rp 103 jutaan sampai Rp 136 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.