Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lagi di Indonesia, Generasi Baru Suzuki Wagon R Meluncur di India

Kompas.com - 01/03/2022, 09:12 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi baru Wagon R resmi diluncurkan Maruti Suzuki di India. Mobil yang pernah tenar dengan nama Karimun Wagon R di Indonesia tersebut, hadir membawa pembaruan dari beragam sektor.

Untuk segi tampilan, mobil mungil yang diklaim terlaris di India memiliki visual yang berbeda. Kesan kota dari sebelumnya sudah ditinggalkan dengan tongkrongan yang dibuat lebih atraktif mengusung konsep Sporty Floating Roof.

Dilansir dari Maruti Suzuki, selain dari lekukan desain yang baru, Suzuki juga menawarkan permainan kelir dual tone yang tersedia pada tipe Z+ dalam kombinasi warna Gallant Red atau Magma Grey yang keduanya memiliki atap hitam.

Bagian interior juga diberikan sentuhan permainan dua warna dan jok dilapis bahan kain abu-abu. Efek tersebut menawarkan nuansa sporty pada bagian kabin mobil yang bermain di segmen hatchback di India.

Baca juga: Ertiga dan XL7 Dapat Diskon PPnBM, Suzuki Bakal Refund Uang Konsumen

Suzuki Maruti Wagon R Suzuki Maruti Suzuki Maruti Wagon R

Masuk ke sisi dapur pacu, Wagon R kini dibekali mesin Advanxed K-series Dual Jet, Dual VVT lengkap dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Idle Start Stop (ISS) Technology yang digadang-gadang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar lebih baik serta rendah emisi.

Tak hanya itu, Maruti menyediakan dua pilihan kapasitas mesin untuk Wagon R, yakni 1.000 cc dan 1.200 cc. Untuk kubikasi 1.2L yang sudah mengusung EGR diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 25,19 kpl dengan transmisi AGS, sedangkan 1.0L ISS mencapai 24,43 kpl.

"Keberlanjutan kesuksesan Maruti Suzuki Wagon R di pasar merupakan bukti tak terbantahkan lagi sebagai salah satu hatchback India paling ikonik. Sejak diluncurkan pada tahun 1999, WagonR terus berkembang dan berubah dengan fitur, desain, dan kinerja terdepan di kelasnya," kata Shashank Srivastava, Senior Executive Director (Marketing & Sales) Maruti Suzuki India Limited.

Dari segi fitur, Wagon R baru juga dibekali perangkat yang lebih modern. Selain ISS ada juga Hill Hold Assist pada varian AGS, sementara untuk audio sudah terkoneksi SmartPlay Studi 7 inci yang lengkap dengan navigasi ponsel pintar.

Baca juga: Jenis Kendaraan Listrik yang Dibebaskan Bea Masuk Oleh Pemerintah

Sementara untuk keselamatan, selain menggunakan platform Heartect, Wagon R juga memiliki airbag, antilock braking system (ABS) dengan electronic brake force distribution (EBD), sistem peringatan kecepatan, dan sensor parkir.

Suzuki Maruti Wagon R Suzuki Maruti Suzuki Maruti Wagon R

Total ada tujuh varian versi Wagon R 1.0L dan enam tipe untuk mesin yang lebih besar, yakni 1.200 cc. Bila dicairkan dalam rupiah, harganya dipasarkan mulai Rp 103 jutaan sampai Rp 136 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com