Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas Alas Kaki Saat Berkendara Motor Waktu Hujan, Berbahaya

Kompas.com - 12/02/2022, 11:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor harus lebih waspada ketika musim hujan. Bukan cuma perlu menyiapkan jas hujan, tapi juga kelengkapan lainnya seperti pelindung anti air untuk sepatu.

Pasalnya, tidak sedikit pengendara motor yang memilih melepas sepatunya ketika hujan, lalu menggantinya dengan sandal. Bahkan ada pula yang lebih memilih untuk tidak menggunakan alas kaki sama sekali alias 'nyeker'.

Padahal, sikap tersebut berisiko membahayakan pengendara. Sebab kaki jadi tidak memiliki pelindung sama sekali.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Dampak Buruk Pakai Ban Motor Bentuk Donat

Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujanKompas/Iwan Setiawan Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

Jusri Pulubuhu, Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), turut mengatakan bahwa tindakan mengganti sepatu dengan sandal atau bahkan berkendara tanpa alas kaki tidak memenuhi unsur keselamatan berkendara.

"Jika sandal saja tidak memenuhi unsur itu apalagi tidak pakai sama sekali. Tak jarang kita lihat saat hujan, pengendara sepatunya disimpan dan tidak pakai alas, padahal berbahaya," kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, kaki sama seperti bagian tubuh lainnya. Wajib terlindungi ketika sedang berkendara. Tanpa adanya sepatu sebagai pelindung, kaki berisiko mudah  terluka saat mengalami kecelakaan.

Baca juga: Begini Karakter Sirkuit Mandalika, Yamaha dan Suzuki Bisa Diuntungkan

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Meski tidak mengalami kecelakaan, potensi kaki terkena lontaran benda tajam seperti kerikil di jalanan sangat mungkin terjadi. Sekali lagi, tanpa mengenakan sepatu, kaki lebih mudah terluka.

Selain itu, berkendara tanpa alas kaki yang tepat membuat pengendalian sepeda motor akan berkurang, terlebih saat mengoperasikan pedal rem belakang ataupun kopling bagi pengendara motor sport.

Jusri menambahkan, saat ini sudah banyak dijual sepatu bermaterial anti air yang bisa digunakan saat berkendara. Ada juga aksesoris pelindung sepatu yang tahan air sehingga alas kaki tersebut tidak mudah basah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com