Makin Banyak SPBKLU Transisi Motor Bensin ke Listrik Lebih Cepat

Kompas.com - 23/02/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits turut berkolaborasi bersama Electrum dan Pertamina dalam mengembangkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Kolaborasi percepatan infrastruktur hilir untuk sepeda motor listrik ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (22/02/2022).

M Samyarto, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (Wima), prinsipal Gesits, mengatakan SPBKLU tersebut diharapkan bisa membantu mobilitas pemilik Gesits khususnya para mitra driver Gojek.

Baca juga: Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Transfer Muatan Truk ODOL?

Gesits ikut memeriahkan pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021KOMPAS.com/Gilang Gesits ikut memeriahkan pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021

“Berbekal semangat kolaborasi dalam mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Wima akan selalu terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan," katanya dalam rilis resmi, Rabu (23/2/2022).

"Tujuannya, untuk memastikan transisi dari kendaraan konvensional menuju era kendaraan listrik dapat berlangsung dengan cepat,” kata Samyarto.

Samyarto mengatakan kolaborasi ini merupakan salah satu keberhasilan Wima dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

Baca juga: Laksana Dorong Model Panorama Jadi Desain Andalan Baru

Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits berkolaborasi demi terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di IndonesiaDok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits berkolaborasi demi terwujudnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia

Selain menyediakan kendaraan motor listrik dengan memberdayakan pemasok lokal, WIMA juga turut mengembangkan pembuatan Battery Swapping Station (BSS) atau SPBKLU.

“Hadirnya SPBKLU ini merupakan sebuah terobosan baru bagi Wima, hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna sepeda motor listrik dan untuk mendorong minat masyarakat menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan,” katanya.

Baca juga: Sopir Truk Protes Aturan ODOL, Ini Respons Kemenhub

Motor listrik GesitsKompas.com/ArdiansyahFadli Motor listrik Gesits

Samyarto melanjutkan, pada tahap awal ini Wima bersama Pertamina dan Gojek melakukan pilot komersial BSS di Jakarta yang tersebar di lima titik lokasi SPBU Green Energy Station (GES).

Harapan kedepannya, Wima bersama Pertamina bisa terus mengembangkan serta menambah jumlah titik SPBKLU serta bisa digunakan untuk masyarakat umum.

Samyarto berharap keberadaan SPBKLU dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan bermotor nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.