Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makin Banyak SPBKLU Transisi Motor Bensin ke Listrik Lebih Cepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits turut berkolaborasi bersama Electrum dan Pertamina dalam mengembangkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Kolaborasi percepatan infrastruktur hilir untuk sepeda motor listrik ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (22/02/2022).

M Samyarto, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (Wima), prinsipal Gesits, mengatakan SPBKLU tersebut diharapkan bisa membantu mobilitas pemilik Gesits khususnya para mitra driver Gojek.

“Berbekal semangat kolaborasi dalam mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Wima akan selalu terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan," katanya dalam rilis resmi, Rabu (23/2/2022).

"Tujuannya, untuk memastikan transisi dari kendaraan konvensional menuju era kendaraan listrik dapat berlangsung dengan cepat,” kata Samyarto.

Samyarto mengatakan kolaborasi ini merupakan salah satu keberhasilan Wima dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

Selain menyediakan kendaraan motor listrik dengan memberdayakan pemasok lokal, WIMA juga turut mengembangkan pembuatan Battery Swapping Station (BSS) atau SPBKLU.

“Hadirnya SPBKLU ini merupakan sebuah terobosan baru bagi Wima, hal ini bertujuan untuk mempermudah pengguna sepeda motor listrik dan untuk mendorong minat masyarakat menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan,” katanya.

Samyarto melanjutkan, pada tahap awal ini Wima bersama Pertamina dan Gojek melakukan pilot komersial BSS di Jakarta yang tersebar di lima titik lokasi SPBU Green Energy Station (GES).

Harapan kedepannya, Wima bersama Pertamina bisa terus mengembangkan serta menambah jumlah titik SPBKLU serta bisa digunakan untuk masyarakat umum.

Samyarto berharap keberadaan SPBKLU dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan bermotor nasional.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/23/150100515/makin-banyak-spbklu-transisi-motor-bensin-ke-listrik-lebih-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke