Kompas.com - 22/02/2022, 09:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli kendaraan bermotor secara langsung ke perseorangan dari luar kota asal saat ini masih menjadi salah satu alternatif, karena harga yang ditawarkan bisa lebih terjangkau.

Terlebih, apabila mobil terkait masih merupakan tangan pertama. Tentu, menjadi nilai tambah tersendiri bagi calon pembelinya.

Namun, saat melakukan kegiatan tersebut pemilik baru harus cepat untuk lakukan proses balik nama dan mutasi supaya terhindar dari masalah di masa mendatang.

Lantas, bagaimana tata cara melakukan mutasi kendaraan bermotor di Indonesia dan berapa biayanya?

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu mengatakan, proses mutasi kendaraan hanya dilakukan jika kendaraan yang dibeli berasal dari luar daerah.

Baca juga: Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengendara Motor Wanita

Otospector layanan inspeksi mobil bekasOtospector Otospector layanan inspeksi mobil bekas

“Misalkan warga Jakarta membeli kendaraan dari luar Jakarta, maka perlu melakukan mutasi. Tetapi, kalau masih satu kota tidak perlu mutasi tetapi bisa langsung balik nama,” kata Herlina, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Prosesnya, lanjut dia, tidak ribet bila sudah melengkapi dokumen yang diperlukan. Berikut syarat, alur, dan biaya mutasi kendaraan bermotor;

Syarat Mutasi Kendaraan:

1. BPKB

2. STNK

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.