Kompas.com - 21/02/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, berhasil memukau para pebalap MotoGP. Bos RNF MotoGP Racing Razlan Razali mengaku teringat dengan Sirkuit Sepang saat melihat Mandalika.

Jalannya sesi tes pramusim di Sirkuit Mandalika memang sempat diwarnai kekecewaan para pebalap. Dimuali dari kondisi sirkuit yang kotor hingga batu-batu aspal yang terkelupas.

Baca juga: BMW Indonesia Jadi Official Mobility Partner MGPA di MotoGP Mandalika

Razlan Razali yang juga merangkap sebagai CEO Sepang Circuit sejak 2008 hingga 2020, mengatakan, kondisi Sirkuit Mandalika mengingatkan dirinya akan Sirkuit Sepang pada tahun 1999, saat pertama kali digunakan.

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok. Dok. Chaerul Manek Ismail/Shutterstock.com Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok.

"Setiap sirkuit memiliki kesulitannya sendiri, khususnya karena ini baru. Tapi, saat kami ada di sana untuk pengetesan, saya bisa merasakan suasana yang baik, kesenangan, keingintahuan, dan keramahan penduduk sekitar," ujar Razali, dikutip dari Speedweek.com, Minggu (20/2/2022).

Razali menambahkan, balapan di Sirkuit Mandalika nantinya akan menggila. Menurutnya, seri kedua akan sangat fantastis di Indonesia.

Baca juga: Penjelasan MGPA soal Aspal yang Terkelupas di Sirkuit Mandalika

"Mereka memiliki semua dukungan yang mereka butuhkan, khususnya dari pemerintah, sama seperti yang kami lakukan ketika baru mulai," kata Razali.

Pertamina Mandalika International Street Circuit  di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 8 November 2021.   [PERTAMINA/ENERGIA/Andrianto Abdurrahman; AND2021110825]Dok. Pertamina Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 8 November 2021. [PERTAMINA/ENERGIA/Andrianto Abdurrahman; AND2021110825]

Sejak menjadi tuan rumah untuk MotoGP sejak 1999 hingga sekarang, Sirkuit Sepang termasuk salah satu seri yang paling dinantikan dan mendatangkan banyak penonton.

Sirkuit Sepang bahkan disebut-sebut sebagai salah satu dari tiga sirkuit di kalender MotoGP yang dapat mendatangkan lebih dari 100.000 penonton langsung. Pada 2019 lalu, tercatat ada 103.850 penonton yang menjadi saksi kemenangan Maverick Vinales.

Andrea Dovizioso saat sesi tes pra-musim di Sirkuit MandalikaDok. @andreadovizioso Andrea Dovizioso saat sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika

"Saya mendoakan yang terbaik untuk semua pihak manajemen dan promotor dari Mandalika GP. Kalian bisa mengandalkan kami, tetangga, untuk membantu di mana dibutuhkan," ujar Razali.

Kerjasama Mandalika dan Sepang sebelumnya sudah terjadi pada 2021, di mana banyak petugas Sirkuit Sepang yang membantu jalannya final World Superbike (WorldSBK) 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.