Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Dipukulin, Begini Cara Lepas Roda Motor Matik yang Seret

Kompas.com - 20/02/2022, 09:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Roda motor matik, khususnya yang bagian belakang, memiliki konstruksi yang berbeda jika dibandingkan motor bebek ataupun sport. Bagian ini bertumpu langsung pada as roda, yang juga terhubung dengan girboks.

Alhasil ada kemungkinan roda atau pelek belakang motor matik tidak bisa copot hanya dengan ditarik saja. Tak jarang pelek belakang lebih sulit ditarik karena seret.

Seperti kejadian dalam video yang diunggah Instagram @mekanik_indonesia, di mana terlihat seorang montir yang melepas ban belakang motor matik Yamaha Mio dengan cara tidak biasa.

Baca juga: Apa Fungsi Tombol Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mekanik Indonesia (@mekanik_indonesia)

Di mana montir tersebut memukul-mukul roda belakang dengan kayu yang lumayan besar. Terlihat dua orang montir secara bergantian memukul roda belakang motor tersebut.

Namun bukan roda belakang yang terlepas, justru crankcase motor tersebut yang patah. Padahal melepas pelek merupakan pekerjaan sederhana. Rusaknya komponen ini membuat pemilik harus merogoh kocek lebih dalam untuk perbaikan.

Mamal Syahrudin, Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong, mengatakan, ada sejumlah cara untuk melepas roda belakang motor matik yang seret

Baca juga: Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

STP AP 75, penetran untuk peralatan otomotif yang berkaratOtomania/Setyo Adi STP AP 75, penetran untuk peralatan otomotif yang berkarat

“Bisa pakai cairan penetran, dengan meyemprot ke lubang pelek dan gigi as roda,” ujar Mamal, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Tunggu beberapa saat, lalu sekeliling roda sisi kiri bisa diketuk, tapi halus saja jangan keras-keras,” kata dia.

Agar aman dan tidak langsung terlepas, roda bisa diganjal menggunakan baut pengikat roda yang sudah dikendurkan sebelumnya.

Baca juga: Adiknya Rossi Sebut Sirkuit Mandalika Punya Tikungan Terbaik di Dunia

Yamaha Mio S.Ghulam/KompasOtomotif Yamaha Mio S.

Jika berhasil terlepas, bagian as roda dan lubang roda motor bisa dibersihkan menggunakan sikat kawat.

“Agar terlindung dari karat, as roda harus diolesi gemuk. Selain itu supaya kotoran tidak langsung menempel ke bagian as roda,” ucap Mamal.

Dengan begitu, jika suatu saat roda belakang motor matik harus dicopot, bakal lebih mudah dilakukan karena sudah terbebas dari karat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com