Bukan Dipukulin, Begini Cara Lepas Roda Motor Matik yang Seret

Kompas.com - 20/02/2022, 09:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Roda motor matik, khususnya yang bagian belakang, memiliki konstruksi yang berbeda jika dibandingkan motor bebek ataupun sport. Bagian ini bertumpu langsung pada as roda, yang juga terhubung dengan girboks.

Alhasil ada kemungkinan roda atau pelek belakang motor matik tidak bisa copot hanya dengan ditarik saja. Tak jarang pelek belakang lebih sulit ditarik karena seret.

Seperti kejadian dalam video yang diunggah Instagram @mekanik_indonesia, di mana terlihat seorang montir yang melepas ban belakang motor matik Yamaha Mio dengan cara tidak biasa.

Baca juga: Apa Fungsi Tombol Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mekanik Indonesia (@mekanik_indonesia)

Di mana montir tersebut memukul-mukul roda belakang dengan kayu yang lumayan besar. Terlihat dua orang montir secara bergantian memukul roda belakang motor tersebut.

Namun bukan roda belakang yang terlepas, justru crankcase motor tersebut yang patah. Padahal melepas pelek merupakan pekerjaan sederhana. Rusaknya komponen ini membuat pemilik harus merogoh kocek lebih dalam untuk perbaikan.

Mamal Syahrudin, Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong, mengatakan, ada sejumlah cara untuk melepas roda belakang motor matik yang seret

Baca juga: Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

STP AP 75, penetran untuk peralatan otomotif yang berkaratOtomania/Setyo Adi STP AP 75, penetran untuk peralatan otomotif yang berkarat

“Bisa pakai cairan penetran, dengan meyemprot ke lubang pelek dan gigi as roda,” ujar Mamal, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Tunggu beberapa saat, lalu sekeliling roda sisi kiri bisa diketuk, tapi halus saja jangan keras-keras,” kata dia.

Agar aman dan tidak langsung terlepas, roda bisa diganjal menggunakan baut pengikat roda yang sudah dikendurkan sebelumnya.

Baca juga: Adiknya Rossi Sebut Sirkuit Mandalika Punya Tikungan Terbaik di Dunia

Yamaha Mio S.Ghulam/KompasOtomotif Yamaha Mio S.

Jika berhasil terlepas, bagian as roda dan lubang roda motor bisa dibersihkan menggunakan sikat kawat.

“Agar terlindung dari karat, as roda harus diolesi gemuk. Selain itu supaya kotoran tidak langsung menempel ke bagian as roda,” ucap Mamal.

Dengan begitu, jika suatu saat roda belakang motor matik harus dicopot, bakal lebih mudah dilakukan karena sudah terbebas dari karat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.