Intip Spesifikasi Skutik Listrik Smoot, Tunggangan Kurir Lazada

Kompas.com - 19/02/2022, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Selain penggunaan untuk pribadi dan transportasi umum, bisa juga dijadikan armada kurir yang saat ini sedang ramai di perkotaan.

Langkah ini pun dilakukan salah satu e-commerce via unit logistik, yakni Lazada Logistics, yang menggandeng PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) sebagai penyedia sepeda motor listrik berjenis skutik untuk armada pengiriman paket yang diklaim praktis serta ramah lingkungan.

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia mengatakan, selain untuk mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi digital dengan menyediakan layanan logistik ramah lingkungan, hal ini juga dilakukan sebagai upaya mendukung program langit biru dalam mengendalikan dan mencegah pencemaran udara.

Baca juga: Apa Fungsi Tombol Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik?

"Membangun ekosistem e-Commerce yang ramah lingkungan dan berkelanjutan adalah komitmen mengurangi jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada menjadi salah satu bentuk kontribusi nyatanya," ucap Philippe dalam keterangan resminya, Sabtu (19/2/2022).

Skutik Listrik Smoot MotorLazada Skutik Listrik Smoot Motor

Berbasis skutik listik, Smoot Motor menawarkan kemudahan dalam pemakaian dengan mengggunakan sistem tukar baterai atau Swap Battery System yang terintegrasi aplikasi pintas Swap Energi.

Pengguna Smoot Motor bisa memantau kondisi baterai via aplikasi, dan kemudian melakukan penukaran baterai dengan mudah di ratusan lokasi SWAPPoin yang tersedia di tempat strategis yang ada di Jakarta, seperti Alfamart, Alfamidi, dan Shell.

Berdasarkan spesifikasi yang ada, Smoot Motor yang menjadi armada logistik Lazada dengan nama #BlueVehicles ini memiliki dimensi panjang 1.860 mm, lebar 690 mm, tinggi 1050 mm, serta roda 12 inci yang menggunakan ban jenis tubeless.

Skutik Listrik Smoot MotorLazada Skutik Listrik Smoot Motor

Baca juga: Pemerintah Libatkan Pelaku UKM dalam Konversi Motor Listrik

Didukung Electric Motor Power 1.500 watt, skutik ini memiliki kecepatan maksimal hingga 60 kpj. Sementara untuk speedometer mengusung LCD, penerangan LED, pengereman disc brake, serta suspensi belakang double swing shock absorber.

Untuk baterai memiliki kapasitas 64V 22,5Ah dengan jenis LFP Lithium-ion berdimensi panjang 177 mm, lebar 177 mm, tinggi 330 mm, dan bobot 12 Kg. Mengaplikasi sistem swap, baterai tersebut diklaim bisa digunakan untuk menempuh jarak sejauh 60 kilometer (Km).

Philippe AubergerLazada Philippe Auberger

"Frontliner Lazada tidak tidak perlu takut kehabisan baterai di jalan atau harus menunggu berjam-jam untuk pengisian. Cukup 9 detik waktu yang dibutuhkan untuk menukar baterai kosong dengan yang baru di SWAPPoin. Cepat, mudah, dan efisien," kata Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.