Kompas.com - 20/02/2022, 07:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di sosial media aksi sekelompok pengendara motor menutup jalan di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (18/2) dini hari.

Salah satu akun instagram yang mengunggah aksi tersebut bernama @andreli_48. Dalam tayangan itu, terlihat sejumlah motor berbaris menyamping menutupi seluruh lajur jalan. Aksi tersebut berlangsung kurang lebih sekitar 1 menit.

Setelah berbaris, para pemotor langsung memacu kendaraannya bersamaan seperti layaknya balapan motor.

Terkait hal tersebut, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempelajari video viral tersebut.

“Video ini sedang kita pelajari,” ujar Sambodo dikutip dari NTMC Polri, Sabtu (19/2/2022).

Baca juga: Bahaya, Aksi Balap Liar Banyak Berujung Kematian

Sementara itu, pemerhati masalah transportasi Budiyanto mengatakan, maraknya balap liar kembali tidak boleh dibiarkan harus ada langkah-langkah yang tegas untuk memberikan sanksi kepada mereka.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)

Menurut Budiyanto, ajang balap liar resmi yang sebelumnya telah digelar dan difasilitasi oleh Polda Metro Jaya mendapat antusiasme yang cukup besar dari pada pelaku balap liar. Hal ini bisa dilihat dari jumlah peminat yang mendaftar mengikuti ajang balapan tersebut.

Namun, sayangnya perkembangan kasus Covid-19 khusus varian Omicron yang cukup tinggi membuat ajang street race tersebut ditiadakan sementara guna mencegah penularan virus tersebut.

“Seiring dengan diberlakukannya PPKM Level 3, termasuk penundaan sementara kegiatan street race, muncul balap liar di beberapa ruas penggal jalan yang selama ini digunakan oleh kelompok- kelompok balap liar tersebut,” kata Budiyanto, Sabtu (19/2/2022).

Budiyanto melanjutkan, dengan maraknya balap liar tersebut perlu ada evaluasi street race yang dilaksanakan di Ancol dan rencana di lokasi lain.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.