PO Borlindo Rilis Lagi Bus Baru dari Karoseri Tentrem, Pakai Lampu Custom

Kompas.com - 15/02/2022, 19:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) asal Sulawesi yakni Borlindo baru saja merilis satu unit bus baru dari Karoseri Tentrem di Malang. Bus tersebut merupakan armada keempat milik PO Borlindo yang baru saja rilis.

Untuk unit kali ini, menggunakan nomor pintu BMJ-29, menggunakan bodi Avante H9 dan dipasang ke sasis Mercedes Benz. Untuk kaki-kakinya, bus baru dengan kelir dominan putih dengan livery merah dan biru ini sudah menggunakan suspensi udara.

Jika dilihat pada bagian eksterior, secara umum tidak ada ubahan dengan rilisan PO Borlindo yang lebih dahulu keluar. Misalnya seperti adanya tameng di kaca atas, kaca samping yang lebih kecil dan adanya bukaan jendela di kaca samping depan dan belakang.

Baca juga: Berapa Jarak Antar Bangku di Kabin Bus?

 

Bedanya, untuk bentuk livery yang dipasang ke unit ini berbeda dengan rilisan sebelumnya. Secara umum, Borlindo tetap menggunakan kombinasi warna putih, merah, dan biru serta ada lambang mahkota di bagian samping belakang.

Selain itu, perbedaan lainnya bisa dilihat pada lampu depan yang sudah di-custom oleh Bogor Autocustom (BAC) 57. Modifikasi lampu depan ini menambah kesan garang tampilan Avante H9 yang dari lahir sudah punya muka yang agresif.

Rumah lampu depan dicat hitam sehingga punya kesan garang dan ditambah rumah proyektor yang dicat merah. Memang dengan mengganti lampu depan saja, karakter bus berubah jadi semakin gagah dan futuristik.

Baca juga: Begini Cara dan Biaya Perpanjangan SIM secara Online

Sedangkan untuk kabinnya, susunan bangku dua kanan dan dua kiri (2-2). Setiap bangku sudah dilengkapi dengan armrest dan leg rest namun di kabinnya belum ada toilet.

Jika diperhatikan di bagian depan, bus baru ini digunakan untuk trayek Makassar-Palu. Sedangkan unit yang sebelumnya, beroperasi untuk rute Makassar-Bungku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.