Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketemu Bus Ngeblong di Jalan, Mengalah Solusi Paling Benar

Kompas.com - 14/02/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Peristiwa bus ngeblong atau mengambil jalur berlawanan untuk mempersingkat waktu perjalanan. Biasanya, bus ngeblong saat jalan di depannya macet, sehingga kerap melawan arah.

Kejadian ini bisa terlihat pada unggahan dashcam owners Indonesia di Instagram. Pada video singkat tersebut, terlihat bus yang mengambil jalur lawan demi menghindari macet.

Lalu bagaimana dengan pengemudi yang berpapasan dengan bus ngeblong, apa yang harus dilakukan?

Baca juga: Diduga Sopir Mengantuk, Bus Tabrak Banyak Kendaraan di Bantul

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, cara paling benar yang bisa dilakukan pengguna jalan lain saat melihat bus ngeblong adalah mengalah, memberi jalan, dan tidak usah meladeni.

“Bahayanya, kalau sedang ada di belakang bus dan saat mau menyalip ada bus yang ngeblong, ini bisa jadi masalah,” kata Marcell kepada Kompas.com, Minggu (13/2/2022).

Melawan bus yang ngeblong bisa disamakan dengan bunuh diri. Beban bus yang besar membuat momentumnya besar, jika tertabrak, mobil bisa ringsek bahkan pengemudi bisa kehilangan nyawa seketika.

Baca juga: Quartararo Sebut Sirkuit Mandalika Seperti Lintasan Motorcross

Marcell juga mengingatkan, ketika mau menyalip di daerah yang ramai bus ngeblong, harus ekstra hati-hati. Ingat, sebelum mendahului kendaraan di depan, pastikan jaraknya aman dahulu agar bisa memprediksi kondisi lalu lintas di depan.

“Jangan mepet, sehingga kita bisa memiliki ruang pandang yang lebih luas. Kemudian jangan pernah mencoba mendahului kendaraan di tikungan,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com