Amankah Membersihkan Stiker di Bodi Kendaraan Pakai Minyak Kayu Putih?

Kompas.com - 14/02/2022, 10:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Melepas stiker yang menempel pada bodi mobil atau sepeda motor bisa menjadi hal yang sulit, apalagi jika usia pemakaiannya sudah lama. Stiker bisa jadi keras dan jika berhasil dicopot akan meninggalkan bekas lem.

Salah satu cara untuk membersihkan lem bekas stiker ini bisa menggunakan minyak kayu putih. Hal ini dinilai cukup aman untuk bodi kendaraan.

Owner Rey Decal & Painting di Bekasi, Reynalto Priyanto mengatakan, membersihkan sisa-sisa stiker memang bisa menggunakan minyak kayu putih. Namun, sebaiknya gunakan sticker remover yang banyak dijual di pasaran.

Baca juga: Sudah Jarang yang Pakai Stiker Norak buat Kendaraan

“Lebih baik pakai sticker remover, banyak yang jual di toko-toko bangunan. Selain itu, aman juga untuk bodi motor maupun mobil,” ucap pria yang akrab disapa Rey saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/2/2022).

“Kalau pakai minyak kayu putih sebenarnya bisa dan aman saja, tetapi itu merepotkan, bau, dan panas juga di tangan. Jadi lebih baik pakai sticker remover saja,” tambahnya.

Decal sebaiknya digunakan tidak lebih dari 2 tahun.Donnyantoro Decal sebaiknya digunakan tidak lebih dari 2 tahun.

Sementara itu, Punggawa Custom Custombike Lerry Rahmat Rizky menambahkan, selain menggunakan minyak kayu putih, membersihkan sisa lem yang menempel pada bodi kendaraan bisa menggunakan bensin atau sabun cair.

Baca juga: Ingat Tekanan Udara Ban Standar Mobil, Lihat Stiker Keterangannya

Ia pun memberikan caranya jika pemilik kendaraan ingin membersihkan lem bekas stiker menggunakan minyak kayu putih.

“Caranya cukup mudah. Pertama siapkan lap lembut dan minyak kayu putih. Lap bahasi minyak kayu putih, lalu usapkan secara perlahan ke bagian yang akan dibersihkan. Ulangi jika bekas lem masih menempel,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.