Pengemudi Sulit Menghindar jika Kendaraan Ditabrak dari Belakang

Kompas.com - 12/02/2022, 19:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan tabrak belakang di persimpangan memang kerap terjadi di Indonesia. Misalnya belum lama ini ada kecelakaan maut di Balikpapan di mana truk kehilangan kendali dan menabrak puluhan kendaraan di depannya.

Kemudian, pada Jumat (11/2/2022) malam juga terjadi kecelakaan yang serupa, antara bus Mira dengan enam kendaraan yang berhenti di lampu merah. Kecelakaan seperti ini nyatanya memang sulit untuk dihindari.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, ketika berada di jalan raya, ada beberapa kondisi yang memang tidak bisa dikontrol oleh pengemudi.

Baca juga: Kecelakaan Bus Transjakarta di Jaktim, Motor Asal Potong Jalur

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

“Kalau kita sedang menunggu traffic light kemudian ditabrak dari belakang, itu kecelakaan yang sulit dihindari. Kita tidak bisa mengontrol pengemudi lain dan kondisi mobil yang dikendarai,” kata Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (12/2/2022).

Baca juga: Sirkuit Mandalika Kotor Sehabis Hujan, Pebalap Dipaksa Membersihkan

Marcell menjelaskan, pengemudi hanya bisa mengendalikan diri sendiri dan kendaraan yang dikemudikan. Faktor lingkungan sebenarnya ada yang bisa direspon dan ada juga yang tidak bisa dikontrol.

“Misalnya seperti hujan, kita bisa mengurangi kecepatan untuk menghindari celaka. Namun perlu disadari juga bahwa di jalan ada faktor penyebab kecelakaan yang tidak bisa dihindari dan respon,” ucap Marcell.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.