Kompas.com - 12/02/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalannya sesi tes pra-musim MotoGP 2022 hari pertama di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sempat diwarnai dengan hujan. Dampaknya, trek menjadi kotor dan berlumpur.

Namun, tak hanya itu saja, beberapa pebalap juga mengeluhkan adanya batu-batuan kecil atau kerikil.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Kotor Sehabis Hujan, Pebalap Dipaksa Membersihkan

"Bagian terparah adalah tikungan pertama dan tikungan terakhir. Itu seperti aspal yang berbeda, dan di tikungan 1 Anda bisa lihat batu itu," ujar Alex Marquez, dikutip dari Crash.net, Sabtu (12/2/2022).

Alex menambahkan, saat dirinya sedang melaju di belakang pebalap lain, tiba-tiba lehernya terkena sesuatu, dan ternyata itu adalah kerikil.

"Tikungan 1 adalah yang paling parah, karena aspalnya sangat buruk, dan beberapa kerikil terpental dar pebalap yang ada di depan, tapi beberapa jam terakhir sudah membaik," kata Alex.

Baca juga: Marquez Masih Kalem Pada Hari Pertama di Sirkuit Mandalika

Selain Alex, Andrea Dovizioso juga merasakan hal yang sama. Menurutnya, kerikil tersebut juga perlu dibicarakan dengan Safety Commission.

Pembalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap LCR Honda Alex Marquez keluar lintasan pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

"Ketika Anda mengikuti pebalap lain, Anda akan kesakitan, karena di setiap tikungan terkena kerikil. Mungkin itu juga bisa menjadi masalah," ujar Dovizioso.

Namun demikian, Aleix Espargaro mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika punya layout yang luar biasa. Meskipun, pada hari pertama sesi tes masih cukup terbatas karena kondisi sirkuit yang kotor.

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

"Dengan motor kami, kami sangat menikmati hari ini. Tetap harus menggali lebih lagi. Hari ini kami hanya menggunakan satu jalur saja," kata Aleix.

"Tapi sirkuit ini, khususnya bagi penonton di rumah, akan menjadi menyenangkan untuk menonton balapan. Ini bukan sirkuit yang sulit dipelajari, jadi semua pebalap akan sangat dekat," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.