[POPULER OTOMOTIF] Begini Karakter Sirkuit Mandalika, Yamaha dan Suzuki Bisa Diuntungkan | Belum Banyak yang Tahu, Dampak Buruk Pakai Ban Motor Bentuk Donat

Kompas.com - 12/02/2022, 06:30 WIB

MANDALIKA, KOMPAS.com – Sebelum dipakai para pebalap untuk tes pramusim MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika sempt diuji coba oleh Simon Crafar, mantan pebalap GP500 yang juga komentator MotoGP, dengan mengendarai mobil.

Dikutip dari Youtube MotoGP (11/2/2022), ada sejumlah catatan menarik terkait karakter Sirkuit Mandalika. Pertama, sirkuit ini hanya memiliki dua titik pengereman keras, yakni tikungan 1 dan tikungan 10.

Oleh sebab itu, Sirkuit Mandalika memiliki karakter yang sangat mengalir. Tapi bukan untuk motor dengan power besar, meskipun tenaga tentu saja selalu membantu dalam berbagai kondisi.

Kemudian, pemilik sepeda motor tak sedikit yang menaikkan ukuran ban satu tingkat atau dua tingkat, bahkan tiga tingkat lebih besar dari ukuran standar.

Memang tidak salah, karena ukuran ban yang besar memberikan kesan lebih gambot dan gagah pada sepeda motor kesayangan.

Meski begitu, rupanya ada dampak buruk pemakaian ban motor ukuran lebih besar atau dalam istilah kekinian berbentuk ‘donat’.

Baca juga: Kecelakaan Bus Transjakarta di Jaktim, Motor Asal Potong Jalur

Selengkapnya, berikut daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 11 Februari 2022.

1. Begini Karakter Sirkuit Mandalika, Yamaha dan Suzuki Bisa Diuntungkan


Sejumlah kru Gresini Racing Team berjalan di depan paddock saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANDIKA WAHYU Sejumlah kru Gresini Racing Team berjalan di depan paddock saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Kemudian, sirkuit sepanjang 4,3 km itu menawarkan empat atau lima tikungan sangat cepat. Sehingga motor dengan handling terbaik bakal unggul di lintasan ini.

"Hal yang membuat balapan menarik, di sini, seperti sirkuit mengalir lainnya, adalah motor dengan tenaga lebih besar tidak mendapat keuntungan yang sama," kata Crafar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.