Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Bus Transjakarta di Jaktim, Motor Asal Potong Jalur

Kompas.com - 11/02/2022, 19:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan bus Tranjakarta kembali terjadi. Kali ini insiden tersebut terjadi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (11/2/2022).

Bus menabrak pembatas jalan dan rambu, hingga masuk ke taman di batas jalan. Foto kondisi bus Transjakarta yang ringsek itu sempat diunggah oleh akun Instagram @jktinfto.

Berdasarkan keterangan Kepala Unit Lalu Lintas Wilayah Duren Sawit AKP Sunaryo, pengemudi bus Transjakarta itu menghindari motor yang ingin menyalip sehingga menabrak pembatas dan rambu jalan.

Baca juga: Video Toyota Avanza Lawas Diajak Offroad

“Saat lampu hijau, ada motor yang ingin motong (bus Transjakarta). Tidak memungkinkan ada pengereman, kemudian ada separator, akhirnya nabrak,” ucap Sunaryo dikutip dari Megapolitan Kompas.com, Jumat (11/2/2022).

Head of Safety Riding Wahana Agus Sani mengatakan, tak sedikit pemotor yang kurang konsentrasi saat akan belok sehingga menyebabkan kecelakaan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo)

“Ketika berkendara keselamatan adalah yang utama, jadi harus sabar. Jangan memaksa, agar tidak terjadi tabrakan atau menyerempet dengan kendaraan lain,” ucap Agus.

Agus mengatakan, trik dasar saat ingin belok seperti melihat spion, menoleh dan mengecek kondisi bekalang serta kanan kiri, bukan hal yang bisa disepelekan.

Baca juga: Ini 5 Jenis Marshal yang Bertugas di MotoGP Mandalika 2022

Selain itu, perhatikan jarak ketika menyalakan sein, jangan terlalu dekat atau malah terlalu jauh dari belokan. Karena membuat pengendara lain bingung dan tidak nyaman.

“Sehingga pengendara di belakang kita dapat mengantisipasi situasi di depan, namun sebelum belok pastikan juga kita sudah mengurangi kecepatan jadi tidak mendadak,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com