Bahaya, Jangan Menyetel Musik dengan Volume Keras Saat Mengemudi

Kompas.com - 09/02/2022, 19:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil sambil mendengarkan musik menjadi rutinitas yang kerap dilakukan oleh pengemudi.

Mendengarkan musik dipercaya dapat menghilangkan suntuk saat berkendara, terutama saat berkendara dengan jarak yang jauh.

Oleh karena itu, mendengarkan musik lewat radio atau speaker yang terhubung pada ponsel untuk memutar musik menjadi pilihan banyak pengemudi.

Baca juga: Rute Rally Internasional di Sumatera, Lintasi 3 Provinsi Selama 2 Pekan

Namun, di balik manfaatnya, mendengarkan musik saat mengendarai mobil juga dapat memicu bahaya.

Oleh karena itu, hendaknya pengemudi harus memperhatikan aturan yang tepat saat mendengarkan musik di dalam mobil.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan jika tidak ada larangan mendengarkan musik saat mengemudikan mobil selama volumenya tidak terlalu keras.

“Boleh saja mendengarkan musik saat menyetir mobil, asal musik tidak terlalu keras. Ini akan membuat pengemudi tidak peka dengan kondisi sekitar,” kata Marcell baru-baru ini pada Kompas.com.

Ilustrasi interior mobil.PIXABAY/LUKPIXABY Ilustrasi interior mobil.

Meskipun terlihat sepele, mendengarkan musik di dalam mobil akan mengganggu konsentrasi pengemudi. Apabila volume suara musik mobil terlalu keras, akan membuat pengemudi hanya fokus pada musik.

Suara dari luar mobil akan sulit terdengar dengan jelas, sehingga pengemudi sulit mendengar suara klakson dari pengemudi lain.

Padahal, suara klakson sangat penting sebagai isyarat atau komunikasi bagi sesama pengendara. Jika mengabaikan ini, maka akan berakibat fatal bagi keselamatan dalam berlalu lintas.

Baca juga: Kecelakaan Anak Gubernur Kaltara, Ini Kondisi yang Bisa Membuat Mobil Terbakar

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.