Sesaat Lagi Tarif Tol Dalam Kota Bakal Naik, Simak Rinciannya

Kompas.com - 09/02/2022, 08:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Bagi masyarakat pengguna jalan Tol Dalam Kota, harap bersiap-siap. Pasalnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, resmi mengumumkan adanya penyesuaian tarif dalam waktu dekat.

Informasi tersebut disampaikan pada akun resmi Jasamarga Metropolitan Tollroad yang menjelaskan, kenaikan tarif dilakukan sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 74/KPTS/M/2022.

"Dalam Waktu Dekat Ruas Tol Dalam Kota Jakarta (Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit) yang dikelola oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit yang dikelola oleh Citra Marga Nusaphala Persada akan diberlakukan penyesuaian tarif," tulis Instagram Jasamarga Metropolitan Tollroad.

Baca juga: Lengkap, Skema Insentif PPnBM Pembelian Mobil Tahun Ini

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jasamarga Metropolitan (@jasamargametropolitan)

 

Adapun besaran dari penyesuaian tarif yang akan diterapkan dalam waktu dekat untuk tiap golongan kendaran, dengan asal dan tujuan perjalanan Ruas Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit, dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit, sebagai berikut:

Golongan I : Rp. 10.500 sebelumnya Rp 10.000.

Golongan II dan III: Rp. 15.500 sebelumnya Rp 15.000.

Golongan IV dan V: Rp. 17.500 sebelumnya Rp 17.000.

volume lalu lintas di jalan tol turun selama PPKM DaruratJasa Marga volume lalu lintas di jalan tol turun selama PPKM Darurat

Meski demikian, belum dijelaskan kapan kenaikan tarif akan diterapkan. Namun Jasa Marga mengimbau setiap pengguna jalan tol memastikan kecukupan saldo dari uang elektronik yang digunakan.

Baca juga: Kupas Transformasi Desain All New Xenia

Sekadar informasi, Tol Dalam Kota terakhir mengalami kenaikan pada 2020. Untuk Golongan I terkerek 3,24 persen, dari sebelum Rp 9.500 naik menjadi Rp 10.000.

Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.

Untuk Golongan II menjadi Rp 15.000 dari sebelumnya hanya Rp 11.500. Sementara untuk Golongan III, IV, dan V, justru turun signifikan hingga 26.09 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.