Pembangunan MRT 2 Berlanjut, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Kebon Sirih

Kompas.com - 07/02/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan pengalihan arus lalu lintas di simpang MH Thamrin tepatnya di persimpangan Jalan Kebon Sirih, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kebijakan terkait menyusul tengah berjalannya pembangunan proyek MRT fase 2 yang dimulai pada akhir pekan kemarin, Sabtu (5/2/2022). Setiap pengendara diarahkan untuk melintas di jalur alternatif lainnya.

"Pengalihan lalu lintas sudah berlaku dan sampai pengerjaan proyek MRT fase 2 di wilayah itu selesai," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Senin (7/2/2022).

Baca juga: MotoGP Mandalika, Korlantas Siapkan Pengamanan Lalu Lintas

Lalu lintas di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, tampak lengang, Minggu (18/8/2013), setelah penertiban pedagang kaki lima (PKL) sepekan sebelumnya. Tidak tampak sedikit pun pedagang yang berjualan di jalan, ratusan PKL sudah bersedia direlokasi ke Blok G.WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA Lalu lintas di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, tampak lengang, Minggu (18/8/2013), setelah penertiban pedagang kaki lima (PKL) sepekan sebelumnya. Tidak tampak sedikit pun pedagang yang berjualan di jalan, ratusan PKL sudah bersedia direlokasi ke Blok G.

Adapun pengalihan lalu lintas itu yakni dari Jalan Kebon Sirih atau persimpangan PT Garuda yang akan menuju Tanah Abang dialihkan memutar balik di Bundaran HI.

Sementara itu, arus lalu lintas dari Jalan KH Wahid Hasyim atau Sabang yang menuju ke Tanah Abang melalui persimpangan PT Garuda dialihkan memutar balik di Bundaran HI.

Sambodo menjelaskan, pengalihan arus lalu lintas tersebut merupakan hasil dari rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial memprediksi, pengalihan berlaku hingga 31 Mei 2022 mendatang.

Baca juga: PPKM Level 3, Dyandra Geser Jadwal IIMS 2022

Menurut dia, saat ini pekerjaan MRT untuk pembangunan Stasiun Thamrin meliputi power blender untuk stabilisasi tanah, pekerjaan jet grouting untuk perbaikan kualitas tanah, pemasangan dinding penahan tanah (diaphragm wall) pada area timur, pemasangan king post untuk stasiun, serta konstruksi traffic decking.

”Rambu-rambu pengalihan lalu lintas sudah kami pasang. Hasil dari tadi malam (6/2/2022) sampai saat ini tidak ada kendala, lalu lintas lancar,” kata Sambodo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.