Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menyalip Menggunakan Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 07/02/2022, 18:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bertransmisi otomatis menawarkan kemudahan dalam pengoperasiannya. Meski gampang, ada teknik-teknik khusus yang perlu dipelajari saat mengendarai mobil matik, misalnya saat ingin menyalip kendaraan di depan.

Ketika mengemudi dan tuas transmisi ada di posisi D, kadang sering dirasakan mesin lemot saat mau menyalip. Terkadang reaksi mesinnya sedikit lebih lambat sehingga mobil sulit untuk menyalip.

Baca juga: Ini Tol Terpendek yang Ada di Indonesia, Hanya 2,65 km

Kejadian seperti ini ternyata bukan kesalahan dari mesinnya. Jika pengoperasian mobil matik dilakukan dengan benar, maka menyalip kendaraan bukanlah hal yang sulit, bahkan mesin jadi lebih responsif.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, tingkat responsif mobil matik dengan mobil manual tak jauh berbeda, asalkan pengoperasiannya benar.

Ilustrasi menyalip.KOMPAS.com / Stanly Ilustrasi menyalip.

"Saat menyalip, pengemudi disarankan untuk menggeser tuas transmisi otomatis dari posisi D ke posisi D-3. Usai mendahului, baru kembalikan tuas ke posisi D. Tapi pastikan jarak yang akan diambil aman," kata Bambang beberapa waktu lalu.

Baca juga: Risiko Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

Bambang mengakui, cara ini memang tidak mudah dan butuh penyesuaian khususnya ketika ingin menyalip saat jalur menanjak. Memang bagi yang belum biasa cara ini terasa kurang nyaman, namun alangkah baiknya untuk dibiasakan.

Selain menurunkan gigi, pengemudi juga dapat melakukan kickdown. Kickdown pada mobil matik artinya menekan pedal gas lebih dalam sehingga mesin akan turun satu gigi dan mendapatkan tenaga untuk menyalip.

Pengemudi juga harus mengetahui tentang kemampuan mesin mobilnya. Hal ini dikarenakan jika pengemudi tahu kemampuan mobilnya maka akan dapat memprediksi apakah dapat menyalip atau tidak.

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

"Jangan memaksakan diri, ketahui kemampuan mobil sendiri itu penting. Kemudian perhatikan jarak aman, kalau tidak memungkinkan ya bersabar," kata dia.

Baca juga: Ford Daftarkan Paten Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling

Bambang menambahkan, tidak sedikit pengemudi yang belum paham betul bagaimana menggunakan transmisi otomatis. Akhirnya timbul anggapan kalau mobil matik tidak bagus dan seterusnya. Nah, anggapan inilah yang perlu diubah dan terus diedukasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com