Kecelakaan Bus di Bantul, Begini Tips Aman Pilih Bus Pariwisata

Kompas.com - 07/02/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, kembali terjadi kecelakaan maut di Indonesia. Bus pariwisata GA Trans mengalami kecelakaan tunggal di Bantul, Yogyakarta, tepatnya di daerah Bukit Bego, Minggu (6/2/2022).

Pada kecelakaan tersebut, 13 orang meninggal dunia dan 34 lainnya mengalami luka-luka. Dikutip dari Kompas Regional, Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Bantul Iptu Maryanta menduga kalau pengemudi tidak menguasai medan yang dilewati.

"Dugaan tidak menguasai medan. Untuk rem kami pastikan fungsi atau tidak nantinya, apakah rem kurang maksimal kami juga perlu melakukan penyelidikan," ucap dia.

Baca juga: Lebih Ekstrem dari Sitinjau Lauik, Detik-detik Bus AKAP Lewati Likuan Endikat

Bus yang terjun ke jurang sedalam lebih kurang 10 meter di Tanjakan Cae, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (11/3/2021).KOMPAS.com/AAM AMINULLAH Bus yang terjun ke jurang sedalam lebih kurang 10 meter di Tanjakan Cae, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (11/3/2021).

Memang ketika menyewa bus pariwisata, penumpang bisa turut menentukan ingin lewat mana. Namun, perlu dipahami, pengemudi bus juga harus memahami jalanan yang akan dilewati.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika ingin memilih bus pariwisata. Pertama adalah track record dari PO bus dan pengalaman pengemudinya.

“Biasanya dari track record, drivernya pengalaman atau tidak. Lalu tanya juga untuk medan yang mau dilalui, ada kesulitan enggak buat busnya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Risiko Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

Kemudian, soal PO bus yang akan dipilih, bisa dicari review-nya di Internet, apakah direkomendasikan atau tidak. Dengan begitu, penumpang bisa mencari tahu dahulu PO bus pariwisata sebelum menyewanya.

“Kumpulkan informasi bus tersebut dengan tanya sama orang lain yang pernah pakai jasanya. Bisa juga cek instagramnya jika ada atau lihat reviewnya di google,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.