Ternyata, Meletakkan Kotak Tisu di Dasbor Mobil Berbahaya

Kompas.com - 07/02/2022, 09:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Kotak tisu merupakan salah satu benda wajib yang ada di kabin mobil. Biasanya, pemilik mobil meletakkan kotak tisu di atas dasbor.

Dasbor jadi lokasi favorit meletakkan tisu karena dianggap lebih praktis atau mudah dijangkau saat hendak digunakan.

Namun, banyak yang belum tahu jika menempelkan kotak tisu pada dasbor mobil dapat memicu bahaya dalam berkendara.

Baca juga: Risiko Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan dasbor mobil harus kosong agar aman dalam berkendara.

Dashboard lebih baik kosong. Kotak tisu akan memperkecil ruang pandang kita di kaca,” kata Marcell baru-baru ini pada Kompas.com

Mengabaikan penempatan kotak tisu di dasbor mobil dapat menghilangkan fokus berkendara. Kalau konsentrasi berkendara sampai hilang, walau sesaat, bisa memicu terjadinya kecelakaan di jalan.

Dashboard All New Honda CityDOK. HPM Dashboard All New Honda City

Meskipun keberadan tisu di kabin mobil memiliki fungsi penting dan yang beragam,namun meletakkan di dasbor adalah langkah yang salah.

Maka dari itu, agar keberadaan tisu tetap ada di kabin, pengemudi dapat mempertimbangkan tempat lain untuk posisinya.

Laci pada mobil merupakan tempat yang mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang. Selain itu, meletakan tisu di laci akan membuat kabin mobil rapih.

Baca juga: Metode Tambal Ban Tubeless, Mana yang Paling Benar?

Marcell menyarankan agar menempatkan tisu di jok belakang atau jok samping kemudi.
Tempat ini juga akan membuat pengemudi mampu menjangkau dan tidak menaruhnya sembarangan sehingga sulit dicari saat dibutuhkan.

“Semakin besar blind spot yang menjadikan risiko kecelakaan meningkat jika kaca terhalangi oleh sesuatu,” ucap Marcell, menambahkan.

Pada dasarnya, memang dasbor jangan diisi oleh benda-benda yang bisa mengurangi fisibilitas mengemudi. Dasbor mobil yang baik harus kosong atau tidak ada objek lain yang dapat mengganggu pandangan.

Blind spot sendiri adalah beberapa area kendaraan yang sulit dilihat oleh pengemudi. Area ini menjadi titik berbahaya bagi pengendara dan pengendara kendaraan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.