Tugas Penting Kernet Bus Selama Perjalanan

Kompas.com - 07/02/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika melakukan perjalanan dengan bus, baik antar kota maupun pariwisata, biasanya pengemudi ditemani oleh satu atau dua kru, atau biasa disebut juga dengan kernet.

Salah satu alasan kenapa pengemudi bus harus ditemani kernet adalah dimensi bus yang besar dan panjang. Pengemudi bus punya keterbatasan untuk melihat keseluruhan bus dari kabin, oleh karena itu, dibutuhkan kernet.

Kernet ya untuk memberi aba-aba parkir atau memantau sisi kiri bus,” kata Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Alasan PO Bus Minta Bodi dengan Pintu di Tengah

Kernet bustribunnews.com Kernet bus

Selain itu, pada bus AKAP, kernet memiliki tugas untuk memeriksa jumlah penumpang yang ada di kabin. Kernet juga diusahakan bisa membantu pengemudi untuk melakukan perbaikan dan perawatan bus.

“Memelihara kendaraannya meliputi membersihkan bus bagian dalam dan luar, mengecek air aki, radiator, wiper, oli, dan fungsi lampu,” ucap Anthony.

Baca juga: Ini Tol Terpendek yang Ada di Indonesia, Hanya 2,65 km

Selain itu, menurut Dimas Raditya, Anggota Forum Bismania Indonesia, kernet bisa berperan layaknya pramugara atau pramugari di maskapai penerbangan.

“Setau saya yang utama yaitu melayani penumpang, mengecek daftar penumpang, bagasi dan sebagainya. Bisa dibilang seperti pramugara atau pramugari,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.