Dampak Krisis Cip Semikonduktor Masih Dirasakan Yamaha

Kompas.com - 04/02/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKrisis cip semikonduktor yang melanda dunia tak hanya dialami oleh jenama otomotif roda empat saja. Pabrikan roda dua pun turut merasakan langkanya semikonduktor, yang menjadi salah komponen pendukung produksi kendaraan modern.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, pihaknya sempat merasakan dampak krisis cip selama pandemi.

Menurutnya, masalah itu sebetulnya dialami oleh hampir seluruh produsen otomotif. Adapun dari merek Yamaha, Anton berujar jika ada sejumlah model telah mengusung komponen tersebut.

Baca juga: Alasan Kenapa Tenaga Honda Vario 160 Beda dengan PCX 160

Ilustrasi cip semikonduktor yang menjadi salah satu komponen otomotif,PAULTAN.org Ilustrasi cip semikonduktor yang menjadi salah satu komponen otomotif,

“Itu berpengaruh, apalagi motor-motor yang menggunakan semikonduktor,” ujar Anton, saat ditemui di Bogor (3/2/2022).

“Tahun kemarin itu berasa banget, kita beberapa produk sampai kekurangan, kita enggak bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Tapi sekarang berangsur-angsur mulai recovery, walaupun belum maksimal,” kata dia.

Anton juga mengatakan, krisis cip semikonduktor jadi salah satu kendala untuk memproduksi sepeda motor saat ini.

Baca juga: Biasa Pakai Manual Tiba-tiba Bawa Mobil Matik, Jangan Anggap Sepele

Presiden Joko Widodo mencoba menaiki Yamaha Xmax saat berkunjung ke pabrik Yamaha di Pulo GadungKompas.com / Fabian Presiden Joko Widodo mencoba menaiki Yamaha Xmax saat berkunjung ke pabrik Yamaha di Pulo Gadung

Meski begitu masih ada kendala lain yang dirasakan, yakni pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020.

“Itu bukan hanya terjadi di Yamaha saja, kompetitor juga sama. Kendalanya sama semua. Jadi harapannya bisa recovery, (karena) market kita besar,” lanjut Anton.

Sementara itu, Aji Handoko, Manager Technical and Education PT YIMM, mengatakan, cip semikonduktor umumnya dipakai oleh sepeda motor modern yang mengusung fitur dan teknologi canggih.

Baca juga: Kulik Perbedaan Teknis Honda Vario 160 dan Vario 150

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Di antara jajaran produk Yamaha, Fazzio Connected-Hybrid jadi salah satu model yang telah memakai cip semikonduktor.

Namun demikian, kelangkaan cip diklaim tidak berpengaruh begitu besar terhadap produksi motor bergaya retro itu.

“Ada beberapa part (pakai cip semikonduktor) di Yamaha Fazzio. Harapannya produk ini launching pada saat supply itu sudah recovery, harapannya nanti sudah tidak terjadi lagi masalah-masalah itu,” ucap Aji, pada kesempatan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.