Kompas.com - 04/02/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung penuh pelaksanaan pameran otomotif Indonesia International Auto Show (IIMS) 2022 yang direncanakan terlaksana pada 17-27 Februari 2022 mendatang.

Pasalnya, pergelaran tersebut tidak hanya soal berjualan saja tetapi juga upaya untuk merangsang industri otomotif dalam negeri termasuk Industri Kecil Menengah (IKM) yang bersinggungan.

Demikian dikatakan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Baca juga: Antisipasi Omicron, Dyandra Siapkan Jadwal Cadangan Pelaksanaan IIMS 2022

Pengunjung melihat motor yang dipamerkan pada pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat motor yang dipamerkan pada pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Saya kira, pameran otomotif melalui IIMS sangat mendukung proses atas bertumbuhnya industri otomotif. Karena, sektor ini jangan dilihat dari soal produk saja, tapi di belakangnya banyak sekali," kata dia.

"Kita memiliki 1,5 juta lebih pekerja di sana, termasuk IKM yang membuat komponen untuk semua bentuk konstruksi kendaraan. Baik dari kaca, ban, pelumas, sampai lain-lainnya," lanjut Taufiek.

Dalam artian, sektor otomotif di dalam negeri tidak hanya berjalan pada satu jalur saja. Tetapi banyak cabang yang pada akhirnya mampu untuk merangsang dan meningkatkan perekonomian negara.

Terlebih, berdasarkan data tahun lalu industri otomotif mewakili 20 persen dari Product Domestic Bruto (PDB) Indonesia.

Baca juga: Daftar Peserta Otomotif yang Siap Ramaikan IIMS 2022

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 akan berlangsung pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo, Kemayoran.Foto: Dyandra Promosindo Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 akan berlangsung pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo, Kemayoran.

Pada wilayah Asia Tenggara (ASEAN) sendiri, penjualan kendaraan bermotor di Indonesia menduduki posisi pertama mengalahkan Thailand. Tapi dari soal produksi, memang masih kalah dengan menduduki peringkat kedua.

Selain itu, menurut Taufiek, pameran juga merupakan faktor produktivitas, baik dari sisi produsen maupun konsumen. Sehingga, akan ada suatu nilai tambah yang nantinya memberikan dorongan agar industri tumbuh.

"Jadi semakin banyak pameran, semakin banyak pula masyarakat yang mengenal industri tersebut. Pameran adalah sarana yang memberikan edukasi ke publik tentang bagaimana pencapaian otomotif di Tanah Air," ujarnya.

"Tentu, ini juga bisa menjadi bukti kepada dunia bahwa otomotif Indonesia telah maju," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.