Kejadian Lagi, Truk Seruduk Tiga Mobil di Bandar Lampung

Kompas.com - 30/01/2022, 10:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden kecelakaan yang melibatkan truk kembali terjadi. Kali ini terjadi di Jalan Soekarno-Hatta, Bandar Lampung, pada Sabtu (29/1/2022).

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @infolampungterkini, terlihat sebuah truk tangki menabrak tiga unit mobil, yakni Daihatsu Ayla, Nissan Grand Livina dan Toyota Harrier, serta satu sepeda motor.

Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung AKP Rohmawan mengatakan, kecelakaan itu berawal saat truk melaju dari arah Rajabasa menuju arah Panjang di Jalan Soekarno-Hatta. Di lokasi, sejumlah kendaraan sedang berhenti karena lampu traffic light menyala merah.

Baca juga: Undang-Undang Lalu Lintas Perlu Direvisi untuk Berantas Truk ODOL

“Diduga karena sopir truk tidak konsentrasi saat berkendara, dia tidak menyadari lampu traffic light merah. Akibatnya, sopir truk telat menginjak rem dan menabrak tiga mobil yang sedang berhenti di depannya,” ucap Rohmawan kepada Kompas.com, Sabtu (29/1/2022).

Perlu digarisbawahi, saat mengendarai kendaraan, sopir dituntut untuk fokus dan mengerti kondisi jalan agar selamat di perjalanan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Lampung Terkini (@infolampungterkini)

“Berkendara harus fokus untuk meminimalisir human error atau kealpaan saat mengemudi,” ucap Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

Agar bisa fokus, pengemudi harus memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Kendaraan telah diperiksa, tidak mengalami gangguan dan layak jalan.

Selain itu pengemudi juga harus dalam keadaan sehat, tidak sedang mengantuk atau berada di bawah pengaruh obat-obatan.

Sementara itu, Pemerhati masalah transportasi Budiyanto menambahkan, dalam kecelakaan lalu lintas faktor manusia menjadi salah satu penyebab kecelakaan yang cukup dominan.

Hal ini bisa dilihat dari pengakuan para tersangka kasus kecelakaan yang pada umumnya memberikan pengakuan bahwa sebelum terjadi kecelakaan, mereka memberi keterangan karena kurang konsentrasi sehingga terjadi kecelakaan.

Salah satu kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Bypass Bandar Lampung.KOMPAS.COM/DOK. Satlantas Polresta Bandar Lampung Salah satu kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Bypass Bandar Lampung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.