Tilang Elektronik di Palembang Mulai Februari 2022, Catat Lokasinya

Kompas.com - 30/01/2022, 09:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan denda tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Palembang, Sumatera Selatan, akan mulai diberlakukan Selasa (1/2/2022) mendatang.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Selatan Kompol Harris Batara mengatakan, selama satu bulan pihaknya telah melakukan sosialisasi penggunaan tilang ETLE.

Saat masa uji coba itu berlangsung, pelanggar hanya dikenakan sanksi berupa pengiriman surat teguran dan edukasi yang dikirim oleh PT Pos.

Baca juga: Tilang Elektronik di Kota Blitar Akan Beroperasi Maret 2022

“Namun, pada 1 Februari besok, pelanggar lalu lintas yang terekam dalam kamera ETLE akan diberlakukan penindakan tilang,” ucap Harris kepada Kompas.com, Sabtu (29/1/2022).

Harris melanjutkan, ETLE nantinya akan merekam seluruh pengendara yang melintas di jalan raya. Bila tertangkap melakukan pelanggaran, seperti tidak menggunakan helm, ataupun safety belt dan menggunakan handphone, pengendara akan dikenakan denda sesuai pelanggaran yang dilakukan.

Pengemudi tertangkap kamera tilang elektronik tidak menggunakan sabuk pengaman di Solo, Jawa Tengah.Satlantas Surakarta Pengemudi tertangkap kamera tilang elektronik tidak menggunakan sabuk pengaman di Solo, Jawa Tengah.

“Jadi nantinya kita kenakan sanksi denda maksimal, namun kembali lagi kepada putusan pengadilan. Pengadilan yang memutuskan denda tilangnya,” kata dia.

Dengan adanya ETLE tersebut, diharapkan para pengendara dapat lebih disiplin di jalan raya, sehingga bisa tertib mengikuti aturan lalu lintas.

“Setiap pelanggaran tak bisa ditawar, petugas akan langsung memberikan sanksi maksimal kepada pelanggar,” ucapnya.

Baca juga: Pemerasan Berkedok Tabrak Lari, Ini Pentingnya Dashcam di Mobil

Berikut sembilan titik kamera ETLE di Palembang:

- Jalan Kol H Burlian KM 8,5 (Depan PT Trakindo)
- Jalan R Sukamto seberang Hotel Novotel
- Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di antara pom bensin dan Taman Makan Pahlawan
- Pos Lantas Simpang Charitas (e-police)
- Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan rumah makan sederhana dekat Pasar Cinde
- Depan Dealer Honda Jalan A Yani
- Lampu merah Plaju-Kertapati (e-police)
- Jalan Wahid Hasyim Depan Mitsubishi
- Jalan Gubernur Hasyim Ashari depan Bank Sumsel Babel (BSB) Jakabaring

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.