Cara Menjaga Cat Mobil agar Tidak Belang

Kompas.com - 29/01/2022, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan terhadap mobil kesayangan tentu saja merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh pemilik mobil. Ada berbagai macam perawatan, salah satunya yakni perawatan cat bodi mobil.

Seiring berjalannya waktu, cat mobil bisa mengalami belang. Belang di sini adalah ketika warna di salah satu bagian mobil berbeda dengan sisi lainnya, entah menguning atau memudar.

Baca juga: Mobil Pecah Ban di Jalan Tol, Jangan Langsung Injak Rem

Tentu tampilan mobil dengan cat yang sudah belang ini kurang menarik dilihat. Kesannya ketika melihat mobil dengan cat yang belang, pemilik mobil tidak bisa merawat mobilnya dengan baik.

CEO XTO Car Care Christopher Sebastian mengatakan, tips untuk menjaga cat agar tidak belang bisa dimulai dengan memilih sarung mobil yang benar, memarkirkan mobil di tempat yang tepat, dan membersihkan mobil.

Sarung mobil BitelBlackNMAA Sarung mobil BitelBlack

“Pertama jangan menggunakan cover bodi sembarangan. Pakai cover yang tahan panas dan anti air hujan. Cover yang kurang bagus dapat membuat lembab karena panas dari mobil yang membuat covernya menempel,” ucap Christopher kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kedua, yakni parkirkan mobil di tempat yang aman, pilih area yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung sehingga kondisi cat bisa terjaga. Terakhir adalah segera bersihkan mobil setelah melewati hujan.

Baca juga: Simak, Ini Harga Yamaha Fazzio di Jawa Tengah

Pada saat mencuci mobil, pastikan juga untuk menggunakan sampo khusus. Jangan cuci mobil di bawah sinar matahari langsung yang mengakibatkan jamur di bodi mobil.

“Gunakan sabun atau sampo khusus dalam mencuci mobil. Gunakan sampo dengan PH yang rendah sehingga tidak merusak cat,” kata Christopher.

Gunakan juga kain yang halus seperti microfiber untuk mengelap mobil saat mobil. Kain microfiber bisa mencegah baret-baret halus karena debu yang ikut tersapu saat sedang mengelap bodi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.