Catat, Tips Hadapi Modus Penipuan Berkedok Tabrak Lari

Kompas.com - 29/01/2022, 14:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai kejadian tak mengenakkan dapat terjadi pada pengendara mobil selama perjalanan. Mulai terserempet kendaraan lain hingga kecelakaan, jadi ada berbagai kemungkinan yang bisa terjadi selama berkendara.

Ada piranti kamera dasbor atau dashcam yang bisa ditambahkan pada mobil. Tujuannya, untuk merekam area sekitar mobil selama perjalanan, sehingga bisa dijadikan barang bukti yang konkret jika ada kejadian yang bisa merugikan pengemudi ataupun penumpang.

Berkaca pada aksi pemerasan berkedok tabrak lari yang viral pada Jumat (28/1/2022) yang lalu, terlihat betapa pentingnya bukti otentik berupa rekaman video perjalanan saat mengemudikan mobil.

Baca juga: Pemerasan Berkedok Tabrak Lari, Ini Pentingnya Dashcam di Mobil

Namun saat tidak ada bukti video, apa yang bisa dilakukan untuk menghadapi hal tersebut?

Training Director The Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, yang terpenting adalah pengemudi harus tetap tenang.

"Pastikan kita jangan panik, jika memang kita tidak melakukannya," kata Roslianna pada Kompas.com, Sabtu (29/1/2022).

Kemudian, Roslianna menekankan bahwa pengemudi perlu mencari kantor polisi terdekat agar masalah bisa diselesaikan dengan baik.

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

"Bila kondisi seperti itu, pastikan kita tetap tenang dan usahakan hentikan kendaraan di kantor polisi atau pos polisi terdekat," tegasnya.

Senada dengan Roslianna, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, masalah lebih baik diselesaikan di kantor polisi.

"Kooperatif berhenti, kunci mobil apabila kosong dan minta segera selesaikan di kantor polisi terdekat. Atau, arahkan kendaraan ke kantor polisi terdekat," kata Sony pada Kompas.com, Sabtu (29/1/2022).

Baca juga: Simak, Ini Harga Yamaha Fazzio di Jawa Tengah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.