Mobil Pecah Ban di Jalan Tol, Jangan Langsung Injak Rem

Kompas.com - 28/01/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi mobil di jalan tol perlu kesiapan yang matang, baik terhadap kendaraan maupun pada sisi pengemudinya sendiri, untuk mengurangi potensi kecelakaan.

Termasuk, kewaspadaan terhadap keadaan darurat seperti kejadian ban bocor. Sebab, kondisi tersebut masih kerap dialami pengemudi dan tidak jarang mengganggu arus lalu lintas.

Dikatakan Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia, Fachrul Rozi, penyebab ban bocor dikarenakan beberapa faktor yaitu permukaan ban tertusuk sesuatu sampai ban yang sudah menipis karena aus.

Baca juga: Pengendara Motor Terpleset Nyaris Tertabrak Truk

Ilustrasi pecah ban: Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (15/9/2019), karena mobil mengalami pecah ban.Shutterstock Ilustrasi pecah ban: Kecelakaan tunggal di Tol Jagorawi, Minggu (15/9/2019), karena mobil mengalami pecah ban.

Jika terjadi hal ini, ada beberapa langkah yang perlu pengemudi lakukan sebagai tindakan pertama. Yaitu, tetap tenan, konsentrasi, dan tak panik sehingga dapat berfikir dengan jernih.

"Tetap pertahankan dan pegang kemudi mobil Anda dengan baik. Pada dasarnya mobil yang mengalami ban bocor di tol masih tetap dapat melaju," katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Kemudian kurangi kecepatan, karena apabila dalam kecepatan tinggi bisa menjadi cukup serius masalahnya," tambah Fachrul.

Menurut dia, pengemudi yang panik bisa membuat mobil terguling karena biasanya secara reflek akan menginjak rem dengan keras. Padahal, lebih baik mengurangi tekanan pada pedal gas dan menurunkan gigi.

Apabila rem diperlukan, silahkan gunakan tapi lakukan secara perlahan agar mobil masih bisa dikendalikan dengan baik.

"Ban pecah mengakibatkan gaya tarik ke samping menjadi lebih besar ketimbang gaya tarik ke depan. Kondisi ini membuat setir cenderung lebih berat, mengikuti arah pecahnya ban. Singkatnya, mobil bisa oleng dan terguling di jalan,” kata dia.

Baca juga: Alasan Mengapa Lebih Baik Menjauhi Mobil dari Truk di Jalan

Suzuki APV yang terguling di Tol Jagorawi karena pecah banSoewidia Henaldi/TribunnewsBogor.com Suzuki APV yang terguling di Tol Jagorawi karena pecah ban

"Sehingga, jangan menginjak rem tapi kurangi gas," kata Fachrul lagi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.