Bus Baru PO Trans Agung Mulia, Sasis Hino dan Bodi Rakitan Laksana

Kompas.com - 29/01/2022, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Karoseri Laksana menyelesaikan pesanan bus baru untuk Perusahaan Otobus (PO) Trans Agung Mulia yang bakal digunakan sebagai armada antar kota antar provinsi (AKAP) lintas Kalimantan.

Dengan berbekal sasis Hino RN 285, Laksana lantas membangun bodi model Legacy SR2 HD Prime dengan kelir perpaduan hitam dan merah.

Berbeda dengan bus-bus lain yang umum pakai pelek silver saat baru keluar dari tempat perakitan, bus terbaru Trans Agung Mulia ini langsung mengenakan sepatu hitam yang senada dengan kelir bodinya.

Baca juga: Hentikan Debt Collector, Polisi Bergelantung dan Terseret Mobil hingga 1 Kilometer

Sebagai informasi, sasis Hino RN 285 memiliki mesin diesel 6 silinder kapasitas 7.684 cc berkode J08E-VT yang sudah berteknologi commonrail dan dilengkapi turbocharger. Mesin ini diklaim bisa menghasilkan tenaga maksimal 285 PS di putaran 2.500 rpm.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT. TRANS AGUNG MULIA (@agungmuliatravel)

Sementara itu, bodi Legacy SR2 HD Prime yang terpasang memiliki tinggi 3,75 meter, sesuai namanya HD yang berarti High Decker. Meski model bodi ini terbilang merupakan trim paling dasar, HD Prime sudah punya standar uji guling UN ECE R66 yang berstandar Eropa.

Masuk ke dalamnya, sejumlah fasilitas khas bus kelas eksekutif terpasang seperti kursi penumpang konfigurasi 2-2 yang dilengkapi arm rest dan leg rest, serta colokan USB dekat kisi AC untuk pengecasan ponsel.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas di Bawah Rp 30 Jutaan, dari Corolla sampai Civic

Tidak lupa ada pula bagasi di atas kepala, fasilitas toilet, dan smoking room. Antara ruang kabin penumpang dengan ruang pengemudi terpisah oleh sekat.

Bus terbaru PO Trans Agung Mulia ini akan resmi menunaikan tugas perdananya pada 4 Februari 2022 di trayek Pangkalan Bun-Palangkaraya dengan tarif promo Rp 150.000 yang berlaku hingga akhir bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.