Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Pilih Jas Hujan yang Aman, Pakai Warna Terang

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan yang cukup tinggi masih kerap ditemui di berbagai wilayah Indonesia. Bahkan pada kasus tertentu, kondisi terkait disertai dengan angin kencang.

Bagi para pengendara sepeda motor, wajib hukumnya untuk persiapkan jas hujan agar tidak terkendala. Namun dalam memilih jas hujan, harus benar-benar diperhatikan agar berfungsi secara baik.

Menurut Asst to Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi, salah satunya hindari penggunaan jas hujan model ponco. Gunakan jas hujan setelan supaya meningkatkan keselamatan.

Sebab jas hujan model ponco yang sepertit jubah dapat tersangkut di roda ataupun gir rantai motor. Selain itu, jas ponco jugat tidak efektif untuk melindungi pengendara dari air hujan karena mudah berkibar.

"Kemudian pastikan jas hujan pas dan nyaman dipakai. Jangan terlalu besar atau kecil supaya mengindari tersangkutnya beberapa bagian di roda," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (29/1/2022).

"Sementara bila jas hujan terlalu kecil membuat ruang gerak jadi terbatas dan tidak berfungsi menutupi pakaian dan tubuh dari terbaan air hujan," lanjut Hariadi.

Adapun bahan kualitas jas hujan, disarankan ialah coating glossy atau bahan bening yan anti embun seperti jas hujan dari Polyninyl chloride (PVC). Hal ini supaya pengendara tetap nyaman saat bergerak.

Terakhir, ialah pilihlah jas hujan dengan warna terang atau mencolok. Sehingga membantu pengendara lain melihat keberadaan Anda, terutama saat malam hari.

"Pilihan warna jas hujan yang terdang dapat membantu keselamatan pengendara di perjalanan. Pilihan warna yang dapat digunakan seperti hijau, kuning, oranye, atau merah menyala. Lebih baik lagi bila sudah ada reflector-nya," kata dia lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/29/150200215/tips-pilih-jas-hujan-yang-aman-pakai-warna-terang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke