Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Bahaya Mengekor Ambulans dan Kendaraan Prioritas

Kompas.com - 28/01/2022, 20:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski ambulans dan pemadam kebakaran merupakan jenis kendaraan yang mendapatkan prioritas, namun dalam kenyataannya selalu timbul masalah di jalan mengenai keberadaannya.

Tidak hanya berbagai kasus tentang ambulans atau pemadam kebakaran yang terhalang kendaraan lain, tapi juga kebiasaan buruk masyarakat yang gemar mengekor kedua kendaraan tersebut.

Baca juga: Telat Bayar Pajak Kendaraan Apakah Bisa Kena Tilang?

Biasanya, pengguna mobil sengaja mengekor kendaraan prioritas dengan tujuan untuk ikut menyalip kendaraan lain di depannya. Padahal, aktivitas ini terbilang berisiko tinggi menimbulkan kecelakaan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC) menegaskan, bahwa sikap mengekor tersebut sangat berbahaya.

"Yang pasti bahaya. Mengingat kita akan meningkatkan kecepatan di space yang sempit untuk bisa beriringan. Apalagi bila kendaraan di depan tidak memberi jalan atau menutup jalan kita karena dilihatnya kendaraan kita bukan kendaraan prioritas," kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Mobil pemadam kebakaran di depan Apartemen Tamansari Sudirman di Jalan Bek Murad, Kelurahan Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Apartemen tersebut terbakar pada Minggu (4/4/2021) pagi KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD Mobil pemadam kebakaran di depan Apartemen Tamansari Sudirman di Jalan Bek Murad, Kelurahan Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Apartemen tersebut terbakar pada Minggu (4/4/2021) pagi

Hal yang sama juga dikatakan oleh Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana yang mengatakan bahwa sikap pengguna jalan yang mengekor kendaraan prioritas merupakan tindakan tak beretika.

"Pengemudi yang sering mengekor ini tidak beretika, memanfaatkan situasi darurat untuk kepentingan pribadinya. Pengemudi ini sering disebut tourist convoy, tidak mau bersusah-susah dengan kondisi lalu lintas," kata Sony.

Baca juga: Menaksir Harga Hyundai Ioniq 5 yang Akan Diproduksi Lokal

Sony membenarkan bahwa tindakan mengekor ini sangat berisiko menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Sebab mobil yang mengekor akan memaksakan jarak yang rapat dengan ambulans atau pemadam kebakaran dengan kecepatan relatif tinggi.

Selain itu, mobil yang mengekor juga akan ikut bermanuver di antara kepadatan lalu lintas. Salah gerakan sedikit saja, maka tabrakan beruntun dapat terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com