Prosedur Cek Fisik Bantuan Pajak Kendaraan 5 Tahunan di Samsat Yogyakarta

Kompas.com - 27/01/2022, 15:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib untuk melakukan pembaruan admisnistrasi atau membayar pajak tahunan. Pajak satu tahunan dilakukan sesuai dengan masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kemudian, setiap lima tahun sekali akan ada perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang akan disertai dengan penggantian Tanda Nomor Kendaraan (TNKB) baru.

Baca juga: Buang Kebiasaan Lama, Begini Cara Menyalakan Mesin Mobil yang Benar

Membayar pajak lima tahunan harus datang ke kantor Samsat induk setiap daerah. Proses ini harus menyertakan kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya.

Bagi warga Yogyakarta yang memiliki kendaraan dengan pelat luar DIY dan akan melakukan pajak kendaraan lima tahunan tetapi kendaraan berada di luar DIY, pemohon dapat mengajuka cek fisik bantuan di samsat Yogyakarta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Samsat Kota Yogyakarta (@samsatjogjakarta)

Samsat Yogyakarta hanya dapat memberikan layanan cek fisik bantuan saja. Namun untuk pengurusan pajak kendaraan tetap harus di Samsat asal kendaraan tersebut.

"Untuk prosedur cek fisik langsung saja ke bagian cek fisik. Untuk syaratnya seperti pajak 5 tahunan saja, BPKB asli, STNK asli, KTP asli semua di copy 2," kata salah satu staff KPPD DIY kepada Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Keluhan Rocky dan Raize, Indikator Malfungsi sampai Komponen Kaki-kaki

Berikut ketentuan prosedur ck fisik bantuan di samsat DIY

1. Kendaraan hadir di Samsat Induk Kota Yogyakarta
2. Siapkan beras STNK asli, BPKB asli, dan KTP asli yang sesuai
3. Pengesahan hasil cek fisik bantuan

Hasil cek fisik bantuan selanjutnya dibawa ke samsat asal kendaraan untuk dipergunakan sebagai syarat pajak lima tahunan kendaraan di samsat asal sebagai pengganti cek fisik karena kendaraan tidak dibawa ke samsat asal.

Cek fisik kendaraan saat perpanjang STNK. Berapa biaya perpanjang STNK lima tahunan? Bagaimana syarat perpanjang STNK (persyaratan perpanjang stnk) lima tahunan?Stanly Cek fisik kendaraan saat perpanjang STNK. Berapa biaya perpanjang STNK lima tahunan? Bagaimana syarat perpanjang STNK (persyaratan perpanjang stnk) lima tahunan?

"Untuk pembayaran bisa melalui beberapa line seperti aplikasi Gojek, aplikasi Jogja kita, namun untuk pengesahan tetap hadir di samsat DIY dalam waktu 14 hari," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.