Cara Aman Parkir Mobil di Lahan Parkir Umum

Kompas.com - 24/01/2022, 20:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada suatu kondisi, pemilik atau pengguna kendaraan masih sering untuk mengistirahatkan mobil di parkiran dalam waktu yang cukup lama. Seperti saat berlibur bersama keluarga besar lewat udara atau mobil lainnya.

Hal tersebut menjadi perhatian, terkhusus apabila mobil diparkir di lahan umum khusus karena terdapat potensi bahaya yang beragam. Satu di antaranya, kerusakan di komponen tertentu (karet atau eksterior).

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengimbau untuk pemilik bila meninggalkan mobil di lahan parkir terbuka, pastikan tidak di dekat objek yang berpotensi roboh seperti tiang listrik, reklame, dan pohon.

Baca juga: Saat Melewati Tanjakan Curam, Apa Perlu Matikan AC?

Kondisi parkir mobil outdoorshutterstock Kondisi parkir mobil outdoor

Parkir di bawah pohon juga ada risiko lain, seperti terkena tetesan getah yang sulit untuk dihilangkan.

“Beberapa jenis pohon memiliki getah yang sangat jahat, getah bisa masuk sampai ke pori-pori dan sulit dibersihkan meski sudah dipoles,” kata Suparna saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tidak sampai di sana, ada pula risiko bodi mobil terkena kotoran dari burung yang bersarang di pohon tersebut. Kotoran burung yang dibiarkan lama hingga mengering bisa ikut merusak cat pada bodi.

Pada kesempatan yang berbeda, Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor menyarankan untuk tidak meninggalkan mobil dalam keadaan tangki bahan bakar benar-benar kosong.

"Dari segi teknis, ada risiko kerusakan pada sistem bahan bakar, bisa saja pada pompa bensinnya," kata Didi

Namun, secara pribadi Didi mengatakan bahwa dengan menyediakan bahan bakar di tangki meski tidak penuh, jika suatu saat ada kebutuhan darurat mobil bisa langsung digunakan.

Baca juga: Polda Metro Jaya Bakal Gelar Street Race di Tiga Lokasi Februari 2022

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Kemudian, dalam upaya berjaga-jaga lebh baik menggunakan wheel chock atau ganjal roda dibanding rem parkir. Alasannya, dikhawatirkan rem parkir yang terpasang dan ditinggal berhari-hari akan membuat kampas rem lengket.

Tapi bila dipastikan bahwa parkiran selalu kering, tidak akan ada risiko tersebut alias kampas rem akan tetap optimal.

"Tidak akan lengket. Kecuali jika kena air, sehingga tromol atau disc brake berkarat sehingga membuat kampas rem lengket," kata Didi menjelaskan.

Terakhir, pastikan juga mobil sudah dalam keadaan bersih baik eksterior maupun interiornya. Jangan sampai ada sampah atau sisa makanan yang tertinggal di dalam kabin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.