Kompas.com - 24/01/2022, 17:31 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman, teknologi pada sepeda motor pun semakin canggih. Salah satunya adalah penggunaan fitur keyless sehingga anak kunci sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menyalakan mesin.

Untuk motor rakitan Yamaha, teknologi ini diberi nama Smart Key System (SKS). Terdapat sejumlah fitur seperti Answer Back untuk memudahkan pemilik motor mencari kendaraannya di tempat parkir.

Selain itu ada pula fitur Immobilizer untuk meningkatkan keamanan motor dari pencurian. Sebab mesin motor hanya bisa menyala jika remote SKS berada dalam radius 80 cm.

 Baca juga: Diskon Rp 16 Jutaan, Stok Karimun Wagon R di Diler Tersisa Satu Varian

“Selain menawarkan kepraktisan dan teknologi yang lebih canggih, penggunaan SKS ini juga akan lebih aman. Oleh karena itu, SKS perlu dirawat agar memiliki performa yang prima,” ujar Dwi Suwanto, Instruktur Service Yamaha Surya Timur Sakti Jatim, dalam keterangannya, Senin (24/1/2022).

Smart Key System pada Yamaha FreeGo S-ABS VersionFoto: Yamaha Smart Key System pada Yamaha FreeGo S-ABS Version

Agar tidak mudah rusak, teknologi SKS alias keyless ini perlu dirawat. Dwi lantas menyebutkan sejumlah tindakan yang perlu dilakukan.

Yang pertama adalah hindari bantingan atau remote keyless jatuh dari ketinggian, agar sistem elektronik di dalamnya tidak mudah rusak. Selain itu hindari penekanan tombol yang berlebihan.

 Baca juga: Mengenal Pelat Nomor Kendaraan Berdasarkan Warna Dasarnya

Kedua, jangan sampai remote terendam air. Dwi menuturkan, meski sudah dilengkapi karet pelindung, pada dasarnya remote keyless tidak didesain kedap air.

Selanjutnya adalah gunakan baterai yang asli ketika akan mengganti baterai jika sudah kehabisan daya. Penggunaan baterai palsu bisa menurunkan kinerja sistem elektronik pada remote keyless.

Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harianKompas.com / Setyo Adi Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harian

Dwi menyarankan agar mematikan remote ketika tidak digunakan. Sebab remote keyless akan terus terhubung dengan motor jika berada dalam radius 80 cm. Apabila tidak dimatikan ketika sedang tidak digunakan, remote akan terus-menerus mengirim sinyal ke motor sehingga daya baterai lebih mudah habis.

 Baca juga: Bikin Macet, Polisi Tindak Konvoi Mobil Mewah di Jalan Tol

Jika dalam suatu kondisi keyless tidak dapat terhubung, pastikan mengecek kondisi remote dalam keadaan on atau off. Cara lain adalah memeriksa baterai remote dengan menggunakan fitur answer back berjarak 5 meter, apakah terdapat kedipan lampu indikator keyless di speedometer atau tidak.

Apabila indikator dalam kondisi normal namun remote belum berfungsi, pemilik motor bisa menggunakan mode darurat dengan menghidupkan motor tanpa menggunakan remote.

Cukup dengan memasukan kode pin yang terletak di plastik remote. Sekedar informasi bahwa pin bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh pemilik kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.