Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2022, 18:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalanan di Indonesia saat ini memang semakin ramai. Tidak jarang ketika pergi berangkat atau jam pulang kantor, jalanan langsung dipenuhi banyak kendaraan.

Ketika macet, salah satu pedal yang sering diinjak berkali-kali adalah rem. Tentu kondisi seperti ini memang mengharuskan kaki pengemudi berada di pedal rem agar tidak menabrak mobil di depannya.

Lalu apakah dengan menginjak rem sering-sering ada efek yang bisa dirasakan pada komponen pengereman?

Baca juga: Cara Cegah Mobil Alami Rem Blong, Hindari Kebiasaan Ini

Ilustrasi sepatu yang digunakan untuk menyetir mobil.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi sepatu yang digunakan untuk menyetir mobil.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, sering meninjak rem pada kondisi macet tidak akan memberi efek tertentu pada sistem pengereman.

“Kondisi stop and go seperti saat macet seharusnya rem tidak terlalu panas. Hal ini juga karena kecepatannya yang rendah,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (24/1/2022).

Baca juga: Diskon Rp 16 Jutaan, Stok Karimun Wagon R di Diler Tersisa Satu Varian

Menurut Didi, rem bisa mengalami overheat, ada beberapa cara mengemudi yang menjadi penyebabnya. Rem yang overheat bisa menurunkan performa pengereman sehingga tidak pakem bahkan blong.

“Penyebab rem overheat bisa karena kecepatan tinggi lalu pengereman mendadak atau melewati turunan curam dan panjang,” ucap Didi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com