Model Bangku Pengemudi Bus, Ada yang Tidak Dapat dari Sasisnya

Kompas.com - 21/01/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Layaknya penumpang, pengemudi bus juga harus duduk di bangku yang nyaman. Bangku yang ada di kabin bus ternyata punya beberapa model, ada yang bawaan dari sasisnya namun ada juga yang tambahan.

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, beberapa sasis yang menyertakan bangkunya misalnya seperti Mercedes Benz dan Hino.

sasis bus modularsanzakiiytoet.blogspot sasis bus modular

“Kalau Scania, Volvo, Mercedes Benz 2542 bangku drivernya beli sendiri saat beli bangku penumpang. Jadi bisa buatan Rimba Kencana, Alldila, atau yang lainnya, tergantung yang punya bus,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Baca juga: Kru Bus Pariwisata Bisa Bantu Penumpang Tidak Kena Tipu Tarif Parkir

Sedangkan untuk bangku bawaan dari sasis tetap bisa digunakan untuk pengemudi. Namun biasanya bangku dilapis ulang agar tampilannya sesuai dengan bangku penumpang, jadi serasi.

“Biasanya dilapis lagi kalau pakai bawaan sasis. Tapi bisa juga diganti dengan bangku yang ada suspensi udaranya. Misalnya seperti di bangku sasis Scania pada bus tingkat yang dieskpor ke Bangladesh,” ucap Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana.

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online, Tanpa Harus ke Samsat

Sasis bus ladderyuelubis.blogspot.com Sasis bus ladder

Namun ada juga pemilik bus yang ingin tampil beda dengan memasang bangku balap untuk pengemudinya. Hal ini bisa dilakukan, karoseri tinggal meminta bangkunya dan akan dibantu untuk pemasangannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.