Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online, Tanpa Harus ke Samsat

Kompas.com - 20/01/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini pemanfaatan teknologi untuk layanan masyarakat semakin luas dan terintegrasi. Sehingga, tidak perlu lagi repot untuk tatap muka dalam mengurus sesuatu seperti pajak kendaraan bermotor.

Melalui aplikasi layanan pajak kendaraan digital, Samsat Digital Nasional (Signal) yang dikembangkan oleh Korlantas Polri, pemilik tidak pelru lagi repot dalam mengurus kewajibannya.

Selain itu, mengurangi aktivitas secara langsung bisa menekan potensi penyebaran virus corona alias Covid-19 yang kembali marak di Tanah Air beberapa waktu belakangan.

Baca juga: Pemula, Jangan Lupa Atur Spion Mobil Sebelum Berkendara

Cara mendaftarkan kendaraan bermotor di aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) untuk membayar pajak kendaraan bermotor online.samsatdigital.id Cara mendaftarkan kendaraan bermotor di aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) untuk membayar pajak kendaraan bermotor online.

Aplikasi Signal sendiri, memiliki beragam layanan yang bisa mudahkan masyarakat untuk mengurus pajak kendaraan, yaitu pembayaran pajak kendaraan tahunan dan pengesahan STNK tahunan.

Layanan tersebut bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Signal yang telah terinstal di ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS. Anda dapat mengunduh aplikasi itu secara gratis di toko aplikasi di masing-masing ponsel.

Sebelum menggunakan layanan digital pajak kendaraan tersebut, Anda harus membuat akun lebih dulu di Signal. Simak penjelasan cara daftar akun Signal berikut ini:

- Unduh aplikasi Signal di ponsel
- Buka aplikasi Signal
- Klik ikon foto profuk untuk mulai daftar
- Masukan beberapa data identitas diri seperti NIK KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat e-mail aktif, dan nomor ponsel aktif
- Selanjutnya, buat kata sandi untuk akun Signal, untuk kemudian masukkan lagi untuk mengonfirmasi
- Setelah itu, Anda akan diminta untuk verifikasi KTP dan wajah

Ilustrasi cara membayar pajak kendaraan bermotor via SIGNAL Polrisamsatdigital.id Ilustrasi cara membayar pajak kendaraan bermotor via SIGNAL Polri

- Masukkan foto KTP
- Ambil foto selfie untuk melakukan verifikasi wajah biometrik?Kemudian, aplikasi Signal akan mengirin pesan yang berisi kode OTP ke nomor ponsel
- Masukkan kode OTP tersebut
- Lalu, veifikasi ulang akun Signal dengan lik tautan yang dikirimkan ke e-mail

Setelah memiliki akun Signal, Anda perlu juga untuk mendaftarkan kendaraan yang dimiliki. Cara daftar kendaraan di Signal adalah sebagai berikut:

- Buka aplikasi Signal, pada bagian awal halaman aplikasi, pilih menu "Tambah Kendaraan Bermotor"
- Pilih jenis kepemilikan kendaraan, lalu masukkan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor)
- Masukkan lima digit terakhir nomor rangka dari kendaraan Anda
- Apabila jenis kendaraan bukan milik pribadi tapi pemilik masih dalam satu Kartu Keluarga, Anda juga bisa mendaftarkannya di Signal dengan memasukkan NIK KTP dan foto KTP di kolom yang tersedia pada menu ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.