Kompas.com - 20/01/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) biasanya punya keberangkatan sore hari dan menghabiskan lama perjalanannya saat malam hari. Oleh karena itu, bus AKAP juga kerap disebut dengan bus malam.

Ketika bus berjalan di malam hari, tentunya lampu kabin akan dimatikan. Tujuannya, penumpang jadi bisa istirahat dan pengemudi tidak terganggu ketika mengemudi di malam hari.

Walaupun ketika lampu dimatikan, masih ada lampu yang cahayanya tidak begitu menyilaukan yang posisinya ada di dekat penumpang. Oleh karena itu, ada berapa model lampu yang ada di kabin bus?

Baca juga: Air di Toilet Bus Asalnya dari Mana?

Suasana kabin bus baru PO Agra Mas dengan seat 2-1 garapan AdiputroAdiputro Suasana kabin bus baru PO Agra Mas dengan seat 2-1 garapan Adiputro

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, bus standar dari Adiputro punya tiga model lampu yang ada di kabin.

"Pertama ada lampu putih di dekat gorden, di dekat ducting yang warna putih juga, dan satu lagi yang ada di louver AC warna biru," kata Yohan kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Selain itu, sering juga ditemui lampu kabin yang berwarna-warni. Yohan mengatakan kalau lampu tersebut biasanya dibawa oleh pemilik bus dan minta untuk diganti di karoseri.

Baca juga: Kejadian Lagi, Pemotor Kecelakaan di Flyover Pesing

"Biasanya orang yang punya bus bawa sendiri. Lalu minta diganti warna putih jadi lampu RGB warna-warni," ucapnya.

Selain Adiputro, karoseri lain seperti Laksana menambahkan ambience light yang bisa diatur warnanya. Teknologi ini disebut dengan LegaLight yang warna lampunya hanya bisa diatur dari dashboard depan, alias terserah kru dan pengemudinya.

“Sekarang di body Legacy Sky dan Tourista ada ambience light yang memiliki empat macam warna, pengaturan warnanya bisa diatur oleh pengemudi,” ucap Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana.

Selain itu, untuk bus-bus lama yang tidak memiliki ambience light, bisa dengan melakukan modifikasi. Sudah banyak bengkel aksesori bus yang menyediakan lampu dengan berbagai macam, bahkan bisa berganti warna dengan model berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.