Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berbagai Model Lampu di Kabin Bus Malam

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) biasanya punya keberangkatan sore hari dan menghabiskan lama perjalanannya saat malam hari. Oleh karena itu, bus AKAP juga kerap disebut dengan bus malam.

Ketika bus berjalan di malam hari, tentunya lampu kabin akan dimatikan. Tujuannya, penumpang jadi bisa istirahat dan pengemudi tidak terganggu ketika mengemudi di malam hari.

Walaupun ketika lampu dimatikan, masih ada lampu yang cahayanya tidak begitu menyilaukan yang posisinya ada di dekat penumpang. Oleh karena itu, ada berapa model lampu yang ada di kabin bus?

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, bus standar dari Adiputro punya tiga model lampu yang ada di kabin.

"Pertama ada lampu putih di dekat gorden, di dekat ducting yang warna putih juga, dan satu lagi yang ada di louver AC warna biru," kata Yohan kepada Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Selain itu, sering juga ditemui lampu kabin yang berwarna-warni. Yohan mengatakan kalau lampu tersebut biasanya dibawa oleh pemilik bus dan minta untuk diganti di karoseri.

"Biasanya orang yang punya bus bawa sendiri. Lalu minta diganti warna putih jadi lampu RGB warna-warni," ucapnya.

Selain Adiputro, karoseri lain seperti Laksana menambahkan ambience light yang bisa diatur warnanya. Teknologi ini disebut dengan LegaLight yang warna lampunya hanya bisa diatur dari dashboard depan, alias terserah kru dan pengemudinya.

“Sekarang di body Legacy Sky dan Tourista ada ambience light yang memiliki empat macam warna, pengaturan warnanya bisa diatur oleh pengemudi,” ucap Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana.

Selain itu, untuk bus-bus lama yang tidak memiliki ambience light, bisa dengan melakukan modifikasi. Sudah banyak bengkel aksesori bus yang menyediakan lampu dengan berbagai macam, bahkan bisa berganti warna dengan model berjalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/20/140100815/berbagai-model-lampu-di-kabin-bus-malam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke