Usai Street Race, Kini Giliran Komunitas Mobil Minta Difasilitasi

Kompas.com - 20/01/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang street race untuk para pelaku balap liar yang digelar Polda Metro Jaya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) sukses bergulir di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Ajang ini kemudian mengundang minat dari komunitas mobil untuk juga ikut difasilitasi. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mereka yang biasa balap liar di kawasan Senayan juga minta ajang serupa diselenggarakan.

“Komunitas balap mobil juga sudah sampaikan ke saya minta dibuatkan juga karena penggemar balap mobil di Jalan Asal Afrika, Jalan Pemuda, TVRI cukup banyak,” ucap Sambodo, Rabu (19/1/2022).

Baca juga: Efektif Kurangi Balap Liar, Polisi Bakal Rutin Gelar Street Race

Sambodo menambahkan, gelaran balap untuk mobil nantinya juga akan dibuat. Hanya saja, perlu mencari lokasi yang sesuai, sebab dibutuhkan jalan yang lebih lebar.

“Tentu akan kita perhatikan, untuk balap mobil harus butuh area, panjang sama tapi lebih lebar, paling enggak satu lintasan 4 meter, butuh jalan paling enggak 8 meter demi keamanan,” kata Sambodo.

Street Race Ancol resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moh Fadil Imran.Ruly Kurniawan/Kompas.com Street Race Ancol resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moh Fadil Imran.

Lebih lanjut, menurutnya balapan motor lebih dulu diutamakan sebab memiliki peminat yang lebih banyak dibanding mobil.

“Peminat mobil sama motor jauh lebih banyak motor, jadi kita dahulukan yang peminatnya banyak,” kata dia.

Sebelumnya Sambodo mengatakan bahwa dengan terselenggaranya street race pada pekan lalu, laporan soal balap liar yang biasa terjadi pada malam hari telah berkurang.

Baca juga: Kejadian Lagi, Pemotor Kecelakaan di Flyover Pesing

Oleh sebab itu, pihaknya bakal menyelenggarakan acara ini secara rutin. Jadwal terdekat rencananya pada bulan depan, kabarnya akan digelar dua hari, yakni Sabtu dan Minggu.

“Dengan peserta lebih banyak, jadi misalkan hari Sabtu kelas apa saja, Minggu kelas apa saja. Dan mungkin konsepnya nanto kayak festival, ada paddock-nya, ada band-nya, ada penontonnya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.