Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efektif Kurangi Balap Liar, Polisi Bakal Rutin Gelar Street Race

Kompas.com - 19/01/2022, 17:32 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang street race yang digelar kepolisian di Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu (16/1/2022), diklaim sukses. Tak hanya itu, balap liar yang terselenggara secara ilegal di jalan-jalan juga berkurang drastis.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mengatakan, ajang Street Race kepolisian bakal digelar lagi.

“Alhamduliah, sejak Desember sudah digaungkan wacana soal Street Race ini, sampai dengan kemarin pelaksanaan, itu di jalan-jalan yang biasanya ada balap liar, sekarang sudah mulai hilang,” ujar Sambodo, kepada Kompas.com (19/1/2022).

Baca juga: Yamaha XMAX Meluncur dengan Warna Baru, Dijual Rp 62 Juta

Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.Ruly Kurniawan/Kompas.com Perhelatan street race alias balap jalanan legal resmi diselenggarakan di kawasan Ancol.

“Jadi saya pikir kalau ini bisa reguler kita laksanakan, mudah-mudahan mereka benar-benar bisa hilang. Hilang sama sekali mungkin tidak, tapi setidaknya mengurangi,” kata dia.

Sambodo juga berujar, dengan terselenggaranya Street Race, laporan soal balap liar yang biasa terjadi pada malam hari telah berkurang.

“Lumayan turun (yang balap liar). Saya kan suka monitor, para Kasat laporan kalau malam, sudah kosong,” ucap Sambodo.

Baca juga: Mengetahui Fungsi Penting Overdrive di Tuas Transmisi Mobil Matik

Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (6/9/2021) dini hari.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Sejumlah pelaku yang terlibat aksi balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan diberikan hukuman mendorong motor ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (6/9/2021) dini hari.

“Mungkin mereka lama-lama malu sendiri. Dan kalau masih ada yang balapan liar, nanti mereka bisa di-bully sama komunitasnya sendiri. Jadi, ya sudah enggak usah balapan liar, sudah disiapkan kok sama Polda,” tuturnya.

Menurut Sambodo, ajang Street Sace yang digelar pekan kemarin merupakan sejarah. Karena dari tercetusnya ide, sampai pelaksanaan dapat terselenggara dalam waktu yang relatif singkat.

Oleh sebab itu, Street Race atau yang dalam bahasa polisi disebut latihan bersama ini, bakal diselenggarakan secara rutin. Jadwal terdekat rencananya pada bulan depan, kabarnya akan digelar dua hari, yakni Sabtu dan Minggu.

“Dengan peserta lebih banyak, jadi misalkan hari Sabtu kelas apa saja, hari Minggu kelas apa saja. Dan mungkin konsepnya nanti kayak festival, ada paddock-nya, ada band-nya, ada penontonnya,” kata Sambodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com