Cerita Kulit Jok Yamaha RX-Z Kini Tembus Rp 1 juta

Kompas.com - 19/01/2022, 10:02 WIB
Yamaha RX-Z Oni FaristiwaYamaha RX-Z

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pemilik Yamaha RX-Z membagikan kisahnya di media sosial. Motor yang dimiliknya dari varu sejak 1994 itu dia rawat agar tampil seperti dari pabrik.

Diunggah akun TikTok @inovheypus, meski motor dengan "buntut prisma" itu berumur hampir 30 tahun, komponen yang melekat pada motornya sebagian besar masih bawaan pabrik.

Tapi ada juga beberapa part yang imitasi karena parts originalnya cukup mahal karena sudah mulai langka.

Baca juga: Langkah Aman Lakukan Jumper Aki Mobil yang Soak

https://www.tiktok.com/@inovherypus/video/7054511575985671451?is_from_webapp=1&sender_device=pc&web_id6903023049630975490

 

"Saya punya Yamaha RX-Z tahun 1994 yang sudah saya pakai 27 tahun. Jadi saya diberikan sama bapak saya dari baru dan saya pakai 27 tahun," katanya dalam video dikutip Rabu (19/1/2022).

Adapun beberapa komponen yang bukan original ialah kunci kontak, tutup tangki, foot step, hand grip dan juga kulit jok.

"Foot step depan belakang karena harga barunya atau NOS Rp 3 juta dan kulit jok juga kw karena yang ori harganya Rp 1 jutaan," katanya.

Baca juga: Diskon Mobil Murah Toyota Agya Awal 2022 Tembus Rp 5 Juta

Yamaha RX-Z yang dikabarkan terjual harga fantastis di MalaysiaFoto: Greatbiker Yamaha RX-Z yang dikabarkan terjual harga fantastis di Malaysia

Sekilas mengenai RX-Z, lahir dari pengembangan Yamaha RD125 dengan sasis yang sama. Kemudian RX-Z generasi pertama tercetus pada 1985 dan dijual di Malaysia dan Singapura.

Perawakannya yang sporty rupanya mudah dicintai masyarakat Malaysia. Terbukti bahwa motor dengan lampu kotak dan buritan ala prisma itu laku keras di Negeri Jiran.

Sukses di Malaysia dan Singapura, Yamaha membawa RX-Z masuk ke Indonesia pada 1987. Saat itu kehadirannya diposting untuk melawan motor ''batangan" sesama Jepang yakni Kawasaki AR 125.

Baca juga: Usung Nama Hybrid, Ini Perbedaan Teknis Mesin Yamaha Fazzio

Yamaha RX-Z merupakan salah satu motor sport legendaris Yamaha. Foto: Tangkapan layar Yamaha RX-Z merupakan salah satu motor sport legendaris Yamaha.

Berbeda dengan di Malaysia, masyarakat Indonesia jadi suka RX-King. Transmisi 5-percepatan disebut lebih ''ngejambak'' dan enak buat tarik-tarikan pendek.

Beberapa kalangan berpendapat RX-Z dan versi sportinya RZR merupakan produk gagal. Namun hal itu bukan gagal secara produk melainkan di pemasaran, sebab saat itu harga RX-Z termasuk mahal.

Penjualan kalah dari RX-King produksi Yamaha RX-Z dihentikan pada tahun 1999. Sedangkan RX-King baru disetop satu dekade kemudian karena aturan emisi gas buang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.