Usung Nama Hybrid, Ini Perbedaan Teknis Mesin Yamaha Fazzio

Kompas.com - 18/01/2022, 18:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncurkan skutik terbaru, Yamaha Fazzio. Motor ini memberikan pilihan baru di segmen skutik 125 cc.

Menariknya, Yamaha menambahkan embel-embel Hybrid-Connected di belakang nama Fazzio. Meski begitu, rupanya tidak ada perbedaan komponen yang signifikan antara motor ini dengan skutik 125 cc lainnya.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT YIMM, mengatakan, secara umum mesin Fazzio masih sama dengan skutik-skutik 125 cc sebelumnya.

Baca juga: Komparasi Yamaha Fazzio Hybrid dan Honda Scoopy

“Kalau kita lihat secara spare part-nya sendiri sebenarnya sama,” ujar Antonius, kepada wartawan di Jakarta (17/1/2022).

“Karena sebetulnya itu bukan suatu teknologi yang sulit. Itu kan pengembangan dari Blue Core, hanya mekanisme bekerjanya saja yang dia memberikan assist kepada mesin, pada tiga detik pertama,” kata dia.

Berdasarkan data yang diberikan PT YIMM, perbedaan komponen pada Blue Core Hybrid dengan Blue Core sebelumnya, terdapat pada SGCU (Start Generator Control Unit) atau ECU. Kemudian terdapat juga update pada fungsi power assist.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Jalan Tol Layang MBZ, Kenapa Truk Bisa Masuk?

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Adapun untuk baterai atau aki pun masih sama dengan skutik 125 cc lainnya, yang mengusung model YTZ6V, 5.3 Ah.

“Komponen pun ready, dan tidak sesulit yang dibayangkan. Yamaha juga memberikan garansi kan, itu mengikuti ketentuan garansi yang berlaku,” ucap Antonius.

“Dia tidak ada garansi tambahan, secara komponen setahu saya tidak ada yang baru. Hanya mekanisme bekerjanya saja,” tuturnya.

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika 2022 Akan Dikarantina dengan Skema Bubble

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Sebagai informasi, di atas kertas Fazzio mengusung mesin berkapasitas 124,86 cc dengan tenaga 6,2 kW atau setara 8,3 tk pada 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Sementara jika membandingkan dengan mesin Gear 125, skutik tersebut memiliki kapasitas 124,96 cc bertenaga 7,0 kW atau 9,3 tk pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.