Diskon Mobil Murah Toyota Agya Awal 2022 Tembus Rp 5 Juta

Kompas.com - 18/01/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya merupakan salah satu mobil murah andalan Toyota dengan 5 seater. Mobil murah ini termasuk dalam pemberian insentif PPnBM untuk di bawah Rp 200 juta (LCGC) dari Pemerintah.

Kabar baiknya, Presiden Joko Widodo menyetujui perpanjangan diskon Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun 2022. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Jalan Tol Layang MBZ, Kenapa Truk Bisa Masuk?

Airlangga menuturkan, diskon PPnBM masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022.

"Pak Presiden menyetujui telah diberikan juga fasilitas tarif PPnBM yang ditanggung pemerintah (DTP) khusus untuk sektor otomotif," kata Airlangga dalam konferensi pers, Minggu (16/1/2022).

Toyota Agya TRD Sportivo bekas lansiran tahun 2020 Toyota Agya TRD Sportivo bekas lansiran tahun 2020

Diskon PPnBM diberikan untuk kendaraan bermotor dengan harga di bawah Rp 200 juta (LCGC). Adapun PPnBM yang seharusnya dikenakan mencapai 3 persen.

Namun, khusus kuartal I 2022, pemerintah tidak mengenakan pajak (pajak 0 persen) alias memberi diskon PPnBM DTP sebesar 3 persen.

Baca juga: Komparasi Yamaha Fazzio Hybrid dan Honda Scoopy

"Mobil dengan harga penjualan di bawah Rp 200 juta atau LCGC, PPnBM adalah 3 persen di mana di kuartal pertama diberikan fasilitas 0 persen," ucap Airlangga.

Besaran diskon pajak ini kemudian dikurangi sedikit demi sedikit di tiap kuartal. Pada kuartal II, pemerintah hanya memberi diskon sebesar 2 persen sehingga pembeli perlu membayar PPnBM sebesar 2 persen.

Kemudian di kuartal III, diskon PPnBM kembali dikurangi hanya sebesar 1 persen. Dengan kata lain, pembeli perlu membayar PPnBM sebesar 2 persen sisanya. Kemudian di kuartal IV, bayar penuh sesuai tarifnya yaitu 3 persen.

Toyota Agya GR SportTAM Toyota Agya GR Sport

Meskipun demikian, Toyota masih belum mengumumkan terkait harga insentif PPnBM yang diberikan. Jika nantinya peneerpana PPnBM diterapkan bulan ini, maka pihak Toyota akan mengembalikan kelebihan pembayaran kepada konsumen

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika 2022 Akan Dikarantina dengan Skema Bubble

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.